kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

LCGC Bisa Kena PPnBM di Tahun Depan, Bagaimana Prospek Pasarnya?


Kamis, 16 Desember 2021 / 21:31 WIB
LCGC Bisa Kena PPnBM di Tahun Depan, Bagaimana Prospek Pasarnya?
ILUSTRASI. Astra Daihatsu Sigra


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Segmen kendaraan low cost green car (LCGC) bisa jadi dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada tahun depan.

Dengan adanya Peraturan Pemerintah (PP) No. 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) juncto PP No. 74 Tahun 2021 tentang Perubahan PP No. 73 Tahun 2019, mobil LCGC dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 3% atau tak lagi memperoleh keistimewaan PPnBM 0%.

Sejatinya, pengenaan PPnBM terhadap LCGC diberlakukan per 16 Oktober 2021 lalu.

Hanya saja,  karena ada Keputusan Menteri Perindustrian Republik Indonesia No 1737 Tahun 2021, mobil LCGC masih termasuk dalam daftar penerima insentif PPnBM 100%. Dengan begitu, harga mobil LCGC masih sama seperti sebelumnya hingga Desember 2021.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto optimistis, pasar segmen LCGC masih akan berkembang  di tahun depan.

Baca Juga: Pengamat: Sudah Seharusnya Mobil LCGC Dikenakan PPnBM

Menurutnya, pengenaan PPnBM 3% terhadap segmen LCGC merupakan jumlah yang tidak terlalu besar. Dengan demikian, saat dikenai PPnBM 3% kelak, kenaikan harga pada mobil LCGC tidak akan terlalu signifikan

“Segmen LCGC masih akan tetap berkembang, karena harganya terjangkau,” ujar Jongkie kepada Kontan.co.id, Kamis (16/12).

Dia juga memperkirakan, pangsa pasar LCGC di 2022 bisa mencapai sekitar 20% dari total penjualan nasional di tahun 2022. Sebagai pembanding, berdasarkan data Gaikindo, penjualan ritel LCGC nasional (di sepanjang Januari-November 2021 mencapai 129.527 unit. Jumlah tersebut setara 16,4% dari total penjualan ritel mobil nasional di sepanjang Januari-November 2021 yang sebesar 761.861 unit.

Tanggapan agen pemegang merek (APM) terkait rencana PPnBM 3% ini pun beragam.

Baca Juga: Simak komentar Kemenperin terkait rencana penerapan PPnBM untukmobil LCGC

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengatakan, Daihatsu bakal mengikuti peraturan yang berlaku. “(Daihatsu) ikut saja, toh peraturan berlaku untuk semua brand, tidak berlaku khusus untuk Daihatsu, jadi biar kustomer yang pilih,” kata dia kepada Kontan.co.id (16/12).

Di segmen LCGC, Daihatsu bersaing dengan produk LCGC kompetitor lewat kedua lini produknya, yaitu Daihatsu Ayla dan Sigra. Pada sebelas bulan pertama tahun ini, jumlah kontribusi keduanya mencapai hampir 40% dari total penjualan ritel Daihatsu bila digabungkan, yakni tepatnya 38,93%.

Perinciannya, di Januari-November 2021 ini,  penjualan ritel Daihatsu Sigra tercatat sebesar 33.575 unit atau setara  25,25% dari total penjualan ritel Daihatsu, sementara penjualan ritel Daihatsu Ayla berjumlah 18.188 unit atau setara 13,68% dari total penjualan ritel Daihatsu. Sepanjang Januari-November 2021 ini, total penjualan mobil Daihatsu mencapai 132.950 unit.

Dihubungi terpisah, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, strategi Daihatsu dalam memacu penjualan LCGC di tahun 2022 masih sama seperti sebelumnya.

Asal tahu saja, strategi yang dimaksud adalah dengan menggandeng perusahaan pembiayaan, baik dari Astra Daihatsu Value Chain maupun perusahaan pembiayaan eksternal untuk menyediakan paket-paket kredit menarik dan terjangkau bagi pembeli.

Bentuknya bisa beragam, mulai dari misalnya pemberian tenor yang lebih panjang (misal dari semula 5 tahun menjadi 7 tahun-8 tahun), pemberian uang muka rendah, pembebasan biaya admin, dan masih banyak lagi. Bentuk paket kredit yang diberikan bisa berbeda-beda antar daerah, tergantung konteks dan kebutuhan pasar setempat.

Pemilihan strategi ini didasarkan pada karakteristik transaksi penjualan mobil di Daihatsu yang didominasi oleh penjualan kredit. Asal tahu, menurut catatan Hendrayadi, porsi penjualan secara kredit dalam penjualan Daihatsu bisa mencapai 80%.

“Kalau kita kasih program macam-macam tapi paket kreditnya tidak menarik  dan tidak terjangkau buat segmen LCGC itu percuma,” ujar Hendrayadi kepada Kontan.co.id (16/12).

Baca Juga: Catat! Ini calon penerima diskon PPnBM Permanen, tidak termasuk Avanza

Proyeksi Hendrayadi, dengan keunggulannya dari segi harga dan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar, kontribusi segmen LCGC dalam total penjualan mobil Daihatsu di tahun 2022 masih akan kurang lebih sama dengan tahun 2021, yakni di kisaran 40%.

Di sisi lain, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT  Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy mengatakan, HPM masih mempelajari aturan PPnBM untuk segmen LCGC.

“Kami akan mempelajari dulu perkembangan dari regulasi perpajakan yang akan datang,” ujar pria yang akrab dengan sapaan Billy tersebut kepada Kontan.co.id, Rabu (15/12).

Di pasa Indonesia, HPM juga mencuwil peluang pasar LCGC melalui produk LCGC-nya, yakni Brio Satya. Sepanjang Januari-November 2021 ini, Brio Satya berkontribusi sekitar 33% dalam total penjualan mobil Honda di pasar domestik.

Billy optimistis, pasar LCGC  masih  akan menjadi salah satu segmen yang potensial di tahun 2022. Optimisme ini didasarkan pada riwayat perkembangan pasar LCGC dalam beberapa tahun terakhir.

“Dalam beberapa tahun ini, LCGC masih menjadi salah satu segmen yang paling berkembang di Indonesia, seiring dengan segmen konsumen usia muda dan pembeli pertama yang tumbuh di Indonesia.

Strategi HPM, HPM tetap fokus untuk mengembangkan produk berkualitas yang memberikan value lebih bagi konsumen dan melengkapinya dengan layanan purna jual yang memudahkan konsumen. Tidak lupa, HPM juga menyiapkan program penjualan yang memudahkan dan meringankan konsumen dalam memiliki kendaraan.

Billy mengaku belum mengungkapkan berapa target penjualan LCGC HPM di pasar domestik pada tahun depan, sebab pihaknya masih belum menentukan berapa target yang ingin dikejar. Billy juga belum bisa memastikan, apakah HPM bakal meluncurkan produk anyar di segmen LCGC atau tidak di tahun 2022.

“Peluncuran produk baru melihat dari kebutuhan konsumen dan kondisi pasar,” tutur Billy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×