Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. PT Lenovo Indonesia berambisi bisa menguasai pasar produk gawai di Indonesia pada tahun depan. Produk yang ingin dikuasai adalah produk komputer (termasuk laptop), tablet, hingga ponsel pintar.
Perusahaan asal China ini pun mulai ambil ancang-ancang. "Kami ingin berinvestasi di merek, jalur penjualan dan pemasaran supaya bisa menjadi nomor satu (di Indonesia)," kata Rajesh Hiro Thadani, Presiden Direktur Lenovo Indonesia, Senin (23/11).
Produk Lenovo yang kuat di pasar Indonesia saat ini memang baru produk komputer. Tanpa memperinci berapa angkanya, Rajesh menyebut komputer Lenovo masuk urutan kedua yang menguasai pasar domestik. Tapi khusus segmen korporasi, perusahaan ini mengklaim sudah nomor satu. Sedangkan di segmen ritel di urutan kedua.
Lenovo Indonesia mengklaim sudah menguasai 30% pangsa pasar produk komputer di pasar Indonesia. Nah, supaya bisa menjadi mayoritas, perusahaan ini butuh tambahan pangsa pasar antara 4% sampai 5%. Makanya, tahun depan Lenovo menargetkan bisa mendongkrak pertumbuhan penjualan komputer personal (PC) antara 10%-15%.
Sedangkan untuk ponsel pintar, Lenovo menargetkan bisa masuk tiga besar dengan menguasai 10% pasar Indonesia tahun depan. Saat ini, produk ini baru menguasai 5%-6% pangsa pasar. Caranya lewat dongkrak penjualan sekitar 10%-15% di 2016.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News