kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Libur akhir pekan, Bandara Soetta catat kenikan frekuensi penerbangan hingga 45%


Jumat, 21 Agustus 2020 / 21:58 WIB
Libur akhir pekan, Bandara Soetta catat kenikan frekuensi penerbangan hingga 45%
ILUSTRASI. Penumpang?berada di Terminal 3?Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (24/04). PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan Bandara Internasional Soekarno Hatta tidak akan melayani penumpang komersial pada 24 April hingga 1 Juni 2020. BUMN operator bandara t


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan frekuensi penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta mulai pulih setelah beberapa bulan terakhir mengalami penurunan yang signifikan akibat pandemi Covid-19.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta perlahan kembali pulih di masa adaptasi kebiasaan baru. Dia menyebut optimalisasi ketersediaan waktu terbang (slot time) penerbangan saat ini berada di kisaran 40% hingga 45%.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Sumadi dorong peran bandara YIA dalam peningkatan wisata Borobudur

“Pada Kamis, 20 Agustus 2020, frekuensi penerbangan di Soekarno-Hatta kembali mencatat angka tertinggi sejak masa pandemi Covid-19, yakni mencapai 530 penerbangan,” kata Awaluddin melalui keterangan resmi, Jumat (21/8).

Menurut Awaluddin, tingginya frekuensi penerbangan ini menyusul libur panjang Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah pada 20-23 Agustus 2020. Pola ini sama seperti kondisi normal yakni frekuensi penerbangan pada libur panjang lebih tinggi dibandingkan hari biasa.

Pihaknya juga melakukan survei secara acak di Bandara Soekarno-Hatta untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong peningkatan frekuensi penerbangan sekaligus jumlah penumpang di bandara tersebut.

Survei tersebut membuktikan bahwa mayoritas responden yakin terhadap tingkat keamanan penerbangan di tengah pandemi Covid-19. “Sebanyak 64% responden yakin dan 27% responden sangat yakin terhadap tingkat keamanan penerbangan, sementara masih ada responden yang belum yakin sebesar 9%,” ungkapnya.

Baca Juga: Ini penjelasan Pemprov DKI terkait penerapan ganjil genap untuk sepeda motor

Survei tersebut juga memperlihatkan bagaimana keyakinan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta terhadap tingkat keamanan selama penerbangan. Awaluddin menyebut sebanyak 65% responden yakin jika pesawat mampu memberikan tingkat keamanan yang tinggi dari paparan Covid-19 selama penerbangan.

Adapun, responden yang tidak yakin dengan hal tersebut tercatat sebesar 9% dan sangat tidak yakin hanya 1%. “Responden meyakini tingkat keamanan ini juga mencakup aman dari Covid-19 dengan adanya teknologi filter udara HEPA (High Efficiency Particulate Air) yang mampu menjaga tingkat kebersihan udara di dalam kabin,” ujarnya.

Awaluddin menambahkan, pihaknya menggunakan metode dipstick survey yang merupakan metode dengan pertanyaan terbuka untuk mendapatkan informasi secara cepat mengenai isu tertentu dari 240 responden yang dipilih secara acak. Adapun, responden pada survei ini berusia kurang dari 20 tahun hingga 49 tahun.

Adapun, Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon B. Prawiraatmadja mengatakan kembali tingginya frekuensi penerbangan saat ini merupakan bukti bahwa kepercayaan kepercayaan masyarakat terhadap penerbangan nasional di masa adaptasi kebiasaan baru telah meningkat.

Capaian tersebut tidak terlepas dari upaya otoritas bandara yang konsisten menjalankan protokol kesehatan dan mengampanyekan tingginya standar kesehatan yang ada di pesawat udara.

Baca Juga: Long weekend, jumlah penumpang kereta api melonjak hingga 100%

"Di Soekarno-Hatta, jumlah traffic atau pergerakan pesawatnya sudah menembus angka target psikologis kami di 500 pergerakan per hari. Artinya masyarakat sudah percaya diri lagi untuk terbang, karena mendapatkan informasi yang benar terkait standar kesehatan dan keselamatan penerbangan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×