kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45851,73   -3,10   -0.36%
  • EMAS922.000 0,55%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Load factor 2021 naik, Pelni terima penghargaan dari Kementerian Perhubungan


Selasa, 14 September 2021 / 19:17 WIB
Load factor 2021 naik, Pelni terima penghargaan dari Kementerian Perhubungan
ILUSTRASI. PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) meraih penghargaan dari Kementerian Perhubungan sebagai operator tol laut dengan “Load Factor Terbaik”. 

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Atas keberhasilan menjalankan penugasan Angkutan Kapal Tol Laut, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) meraih penghargaan dari Kementerian Perhubungan, yaitu operator tol laut dengan “Load Factor Terbaik”.

Penghargaan tersebut diberikan dalam kegiatan “Rapat Koordinasi Nasional Tol Laut” yang dihadiri seluruh stakeholder industri transportasi laut di Yogyakarta, Selasa (14/9).

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Laut, Sungai, Danau dan Penyeberangan Kementerian Perhubungan Ir. Gunung Hutapea, M.M kepada Direktur Utama PT Pelni (Persero) Insan Purwarisya L Tobing.

Usai menerima penghargaan, Insan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan atas apresiasi yang diberikan kepada PT Pelni.

Baca Juga: PPKM diperpanjang, ini rincian aturan syarat perjalanan

Apresiasi ini tidak lepas dari peran Kementerian Perhubungan c.q. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang terus mendukung PT Pelni untuk dapat memaksimalkan Program Tol Laut dengan pola penerapan ship promote the trade di mana kapal-kapal tol laut ini beroperasi dengan pola reguler linier service.

Dengan penerapan pola ini, tentunya dapat mendorong perdagangan antar pulau sehingga perekonomian dan perdagangan di wilayah tersebut dapat tumbuh.

“Di tahun ke enam penugasan tol laut sejak 4 November 2015 lalu, kepercayaan masyarakat terus tumbuh untuk memanfaatkan tol laut. Kolaborasi terus kami jalankan dengan Pemerintah Daerah dan para pelaku industri sehingga dapat meningkatkan pangsa pasar mereka,” terang Insan dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Selasa (14/9).

Penghargaan yang diterima oleh PT PELNI semakin menegaskan pencapaian kinerja Perusahaan di tahun 2021.

Data Perusahaan menunjukkan bahwa keterisian muatan load factor rata-rata hingga Agustus 2021 mencapai 88,56% untuk sembilan rute tol laut. Angka ini lebih tinggi dibandingkan pada tahun 2020 di periode yang sama sebesar 58%.

Dari sembilan trayek tol laut, rute dengan load factor tertinggi adalah T-10 sebesar 197%, dengan total 2.123 TEUs dan T-13 sebesar 120% dengan total 1.355 TEUs. T-10 (KM Logistik Nusantara 5) melayani rute Tg. Perak – Tidore – Morotai – Galela – Maba/Buli – Weda – Tg.Perak dan T-13 (KM Logistik Nusantara 3) melayani rute Tg. Perak - Makassar- Jailolo - Morotai - Tg. Perak.

Baca Juga: Kapal PELNI layani 1,2 juta pelanggan di semester I 2021

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×