kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,25   -3,11   -0.33%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manajemen Shopee Bantah Isu Pemberian Tarif Kurir yang Rendah


Senin, 12 April 2021 / 19:23 WIB
Manajemen Shopee Bantah Isu Pemberian Tarif Kurir yang Rendah
ILUSTRASI. Kontan - Shopee Kilas Industri Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Shopee Indonesia diterpa isu tak sedap. Dikabarkan di dunia maya bahwa skema tarif kurir Shopee Express yang terlalu rendah, sehingga menyebabkan demo pegawai dan berimbas pada pengiriman paket menjadi lama.

Handhika Jahja, Executive Director, Shopee Indonesia menegaskan bahwa isu tersebut tidak benar. Menurutnya, Shopee Indonesia memastikan bahwa operasional Shopee Express (SPX) sampai saat ini tetap berjalan normal dan lancar, dan tidak ada aksi demonstrasi atau mogok kerja oleh mitra pengemudi SPX.

“Mengenai keterlambatan beberapa pengiriman, itu terjadi pada saat kampanye 4.4 Mega Shopping Day yang lalu, mengingat antusiasme yang tinggi dari para pengguna atas kampanye tersebut. Selain itu, perlu menjadi catatan bahwa para mitra pengemudi SPX memiliki kebebasan untuk memilih hari operasional kerja mereka,” kata Handihika dalam keterangan resminya.

Ia menambahkan insentif untuk mitra pengemudi SPX terbilang kompetitif di industri jasa logistik. Contohnya, jika seorang mitra pengemudi SPX di wilayah Jabodetabek membawa 80 paket dalam sehari, mereka bisa mendapatkan insentif rata-rata senilai Rp 2.213 untuk setiap paket. Sebagai ilustrasi, rata-rata upah per paket yang ada di pasaran berkisar Rp 1.700 dan Rp 2.000 oleh jasa logistik lainnya.

“Kami pastikan bahwa skema insentif Shopee selalu mengikuti peraturan yang berlaku di daerah terkait, serta mengikuti tingkat harga di pasar guna mengupayakan titik temu terbaik antara permintaan pengguna dan ketersediaan mitra SPX,” katanya.

Adapun Shopee telah menyediakan perlindungan asuransi untuk para mitra pengemudi SPX, agar dapat memberikan lingkungan kerja yang aman dan produktif.

“Kami juga selalu mendengarkan masukan dan aspirasi dari para mitra pengemudi SPX, dan terus berupaya untuk menjaga kenyamanan dari semua pihak,” pungkasnya.

Selama 4.4 Mega Shopping Day yang lalu, tercatat kenaikan penjualan yang signifikan dibanding hari biasa. Pencapaian tersebut tidak lepas dari dukungan serta peran para penjual dan mitra brand Shopee yang memeriahkan kampanye awal tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×