Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Produsen kosmetik Martha Tilaar, yaitu PT Martina Berto menargetkan nilai ekspor sebesar Rp 12 miliar pada tahun ini. Target ekspor tersebut naik 50% dari realisasi ekspor pada tahun lalu sebesar Rp 8 miliar.
Desril Muchtar, Sekretaris Perusahaan Martina Berto mengungkapkan, porsi ekspor itu masih dibawah 1% dari total kinerja perusahaan secara keseluruhan. Tercatat selama tahun 2011 lalu, penjualan Martina Berto mencapai Rp 648 miliar. "Kontribusi ekspor kami memang masih kecil," kata Desril di Jakarta, Senin (18/6).
Namun begitu, Desril berniat untuk mempercantik kinerja ekspor perusahaan dengan mempersiapkan ekspansi. Diantaranya adalah, membuka gerai baru Martha Tilaar Shop di beberapa negara anggota ASEAN.
Tahun ini, Martha Tilaar Shop akan buka gerai di Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Nilai Investasi yang dibutuhkan untuk membangun setiap gerai tersebut, Martha Tilaar Shop harus merogoh kocek mencapai US$ 10.000.
Selain pasar ekspor, penjualan di dalam negeri masih terus menjadi fokus utama perusahaan kami tahun ini. Caranya dengan membuka 5 hingga 7 cabang baru Martina Berto di Indonesia. Pembukaan cabang baru yang berlokasi di Jakarta dan Bali menjadi beberapa sasaran utama perusahaan.
Ia menjelaskan, ekspansi perusahaan diharapkan bisa meningkatkan penjualan sebesar 15% pada tahun ini. Sehingga secara keseluruhan, perusahaan bisa mencatatkan penjualan sebesar Rp 745,63 miliar pada tahun 2012 ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News