kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.014,65   8,27   0.82%
  • EMAS955.000 1,06%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Masih mendominasi pasar MPV, Toyota Astra Motor (TAM) luncurkan produk baru bulan ini


Rabu, 03 November 2021 / 18:39 WIB
Masih mendominasi pasar MPV, Toyota Astra Motor (TAM) luncurkan produk baru bulan ini
ILUSTRASI. Peluncuran Toyota New Avanza dan New Veloz


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan jika pasar mobil model Low Multi Purpose Vehicle (MPV) sangatlah besar. Hal ini yang membuat TAM meluncurkan produk barunya pada tanggal 10 November mendatang.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor menjabarkan mobil yang akan diluncurkan antara lain adalah Avanza dan Veloz generasi terbaru.

Lebih lanjut, Avanza dan Veloz terbaru banyak perubahan karena itu pabrikan menyebutnya "All New" Avanza. Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan Toyota Avanza baru. Selain desain eksterior dan interior, Avanza terbaru juga disebut mengadopsi sistem roda penggerak depan (FWD) dari sebelumnya RWD.

Adapun mengenai harga, pihaknya memberi kisaran bahwa akan lebih mahal sekitar Rp 20 juta hingga Rp 25 jutaan, dari Veloz tipe tertinggi yang sekarang ini masih dipasarkan.

"Pasar MPV ini masih sebagai kontributor terbesar, ya. Kurang lebih 33% total market masih dikuasai oleh segmen MPV dan semakin ke sini pemainnya juga makin banyak," ujarnya kepada Kontan, Rabu (3/11).

Baca Juga: Toyota Astra Motor (TAM) sudah jual 5.000 unit mobil listrik hingga kini

Lebih lanjut, pihaknya tidak membuka target penjualan yang dipasang untuk kedua jenis produk baru tersebut dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 nanti. Namun, pihaknya mencatat, jika sampai dengan kuartal III 2021 lalu, rata-rata model mobil dari Toyota masih menjadi market leader di kelas masing-masing.

Ia menyebutkan, model Toyota Avanza dan Calya masing-masing menjadi pemimpin di kelas Low dan Entry dengan market share sebesar 40%dan 49%. Anton menambahkan, Toyota Innova bahkan menguasai kelas high MPV dengan penguasaan hampir 100%.

"Di kelas high dan premium, model Toyota Voxy dan Alphard, termasuk pula Velfire, juga mempunyai pangsa pasar di atas 80% pada kuartal III 2021," tambahnya.

Ia menyebutkan, produk yang akan diluncurkan ini, yakni Avanza dan Velo, juga akan berpotensi menggaet pasar MPV. Ia menyebutkan, di kelas MPV model Kijang Innova dan Calya juga menjadi andalan APM. Ia menyatakan pelanggan bisa memilih sendiri mobil MPV dari Toyota berdasarkan kebutuhannya masing-masing.

"Di high dan premium juga ada Voxy, Alphard dan Vellfire. Jadi konsumen bisa pilih sesuai kebutuhan," tutup dia.

Selanjutnya: COP26 serukan transisi energi ramah lingkungan, begini tanggapan Gaikindo dan APM

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×