kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45946,77   5,66   0.60%
  • EMAS930.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.20%

Mega Manunggal Property (MMLP) telah serap capex sebesar Rp 500 miliar


Kamis, 25 November 2021 / 16:48 WIB
Mega Manunggal Property (MMLP) telah serap capex sebesar Rp 500 miliar
ILUSTRASI. PT Mega Manunggal Property Tbk MMLP

Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten penyedia jasa sewa gudang logistik PT Mega Manunggal Property Tbk (MMLP) telah menyerap dana belanja modal atau capex sekitar Rp 500 miliar tahun ini. Dana tersebut sebagian besar digunakan untuk pembelian cadangan lahan atau landbank

Head of Corporate Finance & Investor Relations Mega Manunggal Property, Asa Siahaan menyatakan, secara keseluruhan MMLP menganggarkan capex sebesar Rp 760 miliar. Adapun, sisa capex tahun ini atau sekitar Rp 260 miliar, nantinya akan digunakan sebagai modal untuk pengembangan gudang baru ke depannya. 

Lebih lanjut Asa memaparkan, dalam dua tahun terakhir, MMLP juga telah merampungkan ekspansi tiga gudang baru. Dengan rincian, gudang pertama berlokasi di Manyar Jawa Timur (Luas tanah 114,614 m2), gudang kedua berada di Pondok Ungu Bekasi (55,708 m2), dan terakhir di Osowilangun Jawa Timur (78,117 m²). 

Baca Juga: Jual Gudang, MMLP Catatkan Rugi Rp 151,86 Miliar, tapi Kantongi Kas Rp 1,25 Triliun

Mengutip materi paparan publik MMLP, ketiga gudang ini berhasil menambah luas area yang disewakan oleh MMLP sebesar 97,258 m². Di mana per September 2021, secara total luas area yang disewakan tercatat sebesar 370,475 m². "Luas area yang disewakan itu tumbuh dari 163,930 m² di tahun 2016, menjadi sekitar 370,475 m² pada periode September tahun ini," ungkap Asa dalam Paparan Publik, Kamis (25/11). 

Asa menjelaskan, total luas area yang disewakan per September 2021 ini tidak termasuk empat aset pertama MMLP yang telah di spin off atau dijual kepada private fund. Empat aset tersebut terdiri dari, Gudang Unilever, Gudang LF, Gudang Selayar, dan Intirub Business Park. 

Sehingga secara keseluruhan, saat ini perusahaan memiliki sembilan gudang, yang tujuh di antaranya berlokasi di Jabodetabek dan dua sisanya berada di Jawa Timur. "Dua tahun terakhir ini merupakan tahun yang sibuk bagi MMLP karena tahun kemarin kami jual aset ke spin off, dan dalam periode yang sama kami juga melakukan penambahan," sebutnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Mega Manunggal Property Gomos Benjamin Silitonga meyakini bahwa penjualan keempat aset tersebut dapat memberikan dampak yang positif bagi laju bisnis perusahaan. Termasuk sebagai tambahan amunisi untuk melakukan ekspansi pada tahun-tahun yang akan datang. 

"Kami melihat bahwa efek dari penjualan aset tersebut sangat baik bagi kami. Karena satu, nilai cash kami juga akan sangat baik dan itu akan menambah amunisi kami untuk melakukan ekspansi," ujar Gomos. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×