kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menggenjot Kinerja, SMIL Menggandeng Produsen Forklif China Anhul Forklif


Rabu, 02 Agustus 2023 / 13:29 WIB
Menggenjot Kinerja, SMIL Menggandeng Produsen Forklif China Anhul Forklif
ILUSTRASI. Alat berat forklift?Anhul Forklift Group (HELI)?yang disewakan oleh PT Sarana Mitra Luas Tbk (SMIL).


Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan penyewaan forklift dan material handling equipment PT Sarana Mitra Luas Tbk akan terus menambah pasarnya.

Salah satu langkah miten berkode saham SMIL ini adalah menggandeng produsen forklif global, Anhul Forklift Group (HELI), untuk pemasaran forklift di Indonesia. Kerja sama ini didukung semakin meningkatnya permintaan forklift di dalam negeri. Harapannya pangsa pasar dari bisnis SMIL bakalan semakin berkembang.

Nantinya, SMIL akan menjadi perusahaan rental forklift pertama yang mengadopsi teknologi baterai lithium secara fleet di Indonesia.

Direktur SMIL Winston Suhermin mengatakan kerjasama ini bakal mendongkrak pertumbuhan pendapatan tahun 2023. Hal itu terbukti pada semester I-2023 Pertumbuhan laba dari  pendapatan usaha perseroan dari Rp 131,41 miliar pada semester I-2022 menjadi Rp 173,69 miliar pada semester I-2023 atau tumbuh 32,28%.

Winston menyebutkan HELI merupakan produsen forklift dari South East Asia dengan peringkat nomor satu di China berdasarkan volume penjualan. HELI juga tercatat sebagai pabrikan forklift terbesar nomor tujuh di dunia.

 

SMIL akan menjadi perusahaan rental forklift pertama yang mengadopsi teknologi baterai lithium secara fleet di Indonesia. Keseriusan perseroan menggunakan baterai lithium didukung sejumlah keunggulan teknologi ini, yaitu fast charging, maintenance-fee, dan ramah lingkungan.

SMIL juga sebelumnya telah mengadopsi teknologi baterai lithium di Indonesia setelah perseroan ditunjuk menjadi agen tunggal pemegang merek (ATPM) penjualan baterai lithium di Indonesia.

"Adopsi teknologi baterai lithium forklift akan meningkatkan added value kepada pelanggan yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan dan profitabilitas perusahaan," ujar Winston dalam keterangannya, Rabu (2/8).

Sebelumnya SMIL juga menambah 250 unit forklift baru dalam waktu satu sampai dua tahun ke depan. Proyeksi ini disesuaikan besaran belanja modal SMIL dari tahun ke tahun

Winston mengungkapkan bahwa penambahan jumlah forklift sebanyak 250 unit forklift tersebut dari berbagai ukuran.

Ukuran forklift mulai dari 2,5 ton hingga 25 ton yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar. "Pembelian forklift ini akan meningkatkan pendapatan kami lebih dari 30% dan laba meningkat 40%-50%," kata Winston

SMIL merupakan perusahaan yang bergerak di penyewaan forklift dan peralatan material handling yang didirikan pada 2006. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, SMIL telah menjadi perusahaan rental forklift multibrand nomor 1 di Indonesia.

Perseroan mengoperasikan beragam forklift merek Toyota, Caterpillar, dan TCM. Perseroan tercatat seabgai perusahaan rental forklift terkemuka di Indonesia dengan memiliki lebih dari 3.000 unit material handling equipment dari 1,5-30 ton dengan berbagai produk rental forklift.

SMIL telah memiliki sekitar 300 klien hingga Oktober 2022 yang berasal dari beberapa segmen industri, seperti pelanggan industri kertas, otomotif, elektronik, consumer goods, packaging, logistik, serta perusahaan industri dan manufaktur lainnya.

Mayoritas klien perseoran sekitar 70% berada di pulau jawa, sebanyak 20% di Pulau Sumatra, dan sisanya di Kalimantan. Perseroan juga tengah memperkuat penetrasi pasar penyewaan forklift di wilayah Indonesia timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×