kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.026,34   9,98   0.98%
  • EMAS975.000 -0,51%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Menilik ikhtiar Voksel Electric (VOKS) memperbaiki kinerja di tahun ini


Minggu, 28 November 2021 / 19:45 WIB
Menilik ikhtiar Voksel Electric (VOKS) memperbaiki kinerja di tahun ini
ILUSTRASI. PT Voksel Electric Tbk (VOKS) bertekad meningkatkan kinerja bisnisnya sepanjang tahun 2021.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen kabel, PT Voksel Electric Tbk (VOKS) bertekad meningkatkan kinerja bisnisnya sepanjang tahun 2021. Salah satu upaya VOKS adalah menambah kontrak baru terkait penyediaan kabel.

Chief Commercial Officer Voksel Electric Rizal Nangoy menyampaikan, VOKS sempat memenangkan tender kontrak pengadaan kabel untuk material transmisi dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sekitar Rp 300 miliar. Sayangnya, kontrak baru tersebut belum berefek terhadap kinerja VOKS lantaran penyerapannya mengalami penundaan.

“Sampai saat ini masih tertunda penyerapannya di PLN lantaran alasan legalitas karena masih ada sanggahan dari peserta tender yang lain,” ujar dia, Kamis (25/11) lalu.

Baca Juga: Voksel Electric (VOKS) catatkan kerugian Rp 129,49 miliar di kuartal ketiga

Walau begitu, per Oktober 2021, VOKS sudah menandatangani kontrak baru lagi untuk pengadaan kabel material distribusi utama senilai Rp 840 miliar per tahun. Sayangnya, Manajemen VOKS tidak memaparkan nama perusahaan yang menjadi pelanggan emiten tersebut.

Yang pasti, kontrak baru yang diperoleh VOKS tadi berlaku untuk tiga tahun ke depan yang terhitung sejak kontrak tersebut ditandatangani. Adapun pengiriman produk yang terkait kontrak tersebut sudah mulai dilakukan sejak November 2021.

Rizal menambahkan, pihaknya tak hanya fokus menjual kabel listrik, melainkan juga kabel fiber optik. Bisnis kabel fiber optik sendiri dinilai VOKS dalam kondisi yang baik dan stabil saat ini sekalipun pandemi Covid-19 belum berakhir.

Baca Juga: Voksel Electric (VOKS) terus berupaya meningkatkan kinerja tahun ini

Maklum, keberadaan pandemi justru membuat banyak masyarakat yang butuh jaringan internet untuk beraktivitas dari dalam rumah. Kebutuhan internet yang tinggi tentu meningkatkan permintaan terhadap produk kabel fiber optik sebagai bagian dari infrastruktur jaringan internet itu sendiri.

Untuk saat ini, VOKS menyuplai kabel fiber optik untuk kebutuhan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) maupun perusahaan jasa penyedia internet lainnya, baik untuk jaringan akses maupun backboned.

“Untuk kontrak fiber optik, kami sudah memiliki kontrak kesepakatan harga satuan dengan pihak Telkom dan beberapa pihak lainnya,” ujar Rizal.

Baca Juga: Tertundanya proyek strategis nasional jadi penyebab turunnya kinerja Voksel (VOKS)

Sekadar catatan, kinerja keuangan VOKS belum begitu memuaskan hingga kuartal III-2021. Tercatat, pendapatan bersih VOKS menurun 14,68% (yoy) menjadi Rp 1,22 triliun. Masih per kuartal ketiga 2021, VOKS mengalami rugi bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebanyak Rp 129,49 miliar, padahal di periode yang sama tahun lalu VOKS mencetak laba bersih Rp 7 miliar.

Sebagian besar pendapatan bersih VOKS per kuartal ketiga 2021 ditujukan untuk pasar lokal sebesar Rp 1,21 triliun. Adapun pendapatan bersih dari pasar ekspor VOKS tercatat sebesar Rp 3,31 miliar.

Dari sisi pelanggan, VOKS memperoleh pendapatan bersih dari PT RDMP Balikpapan sebesar Rp 179,41 miliar dan PT PLN sebesar Rp 157,04 miliar per kuartal ketiga 2021.

Mengutip situs resmi perusahaan, VOKS memiliki beberapa portofolio produk kabel seperti kabel listrik, kabel konduktor, kabel bangunan, kabel telekomunikasi, dan kabel bawah laut (submarine).

Baca Juga: Voksel Electric (VOKS) fokus realisasikan proyek di semester II-2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era Data Analysis with Excel Pivot Table

[X]
×