kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.354.000   33.000   1,42%
  • USD/IDR 16.665   -20,00   -0,12%
  • IDX 8.272   -2,63   -0,03%
  • KOMPAS100 1.147   -2,68   -0,23%
  • LQ45 828   0,00   0,00%
  • ISSI 290   -1,26   -0,43%
  • IDX30 434   0,97   0,22%
  • IDXHIDIV20 499   3,67   0,74%
  • IDX80 127   -0,55   -0,43%
  • IDXV30 136   -0,78   -0,57%
  • IDXQ30 138   0,41   0,30%

Menko Airlangga: Platform Kecil E-Commerce Makin Sulit Bersaing


Senin, 08 September 2025 / 13:02 WIB
Menko Airlangga: Platform Kecil E-Commerce Makin Sulit Bersaing
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, persaingan bisnis e-commerce di Indonesia kini semakin terkonsentrasi hanya pada segelintir pemain besar.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Persaingan bisnis e-commerce di Indonesia kini semakin terkonsentrasi hanya pada segelintir pemain besar. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kondisi ini membuat platform berskala kecil semakin sulit untuk bertahan, apalagi di tengah gempuran teknologi kecerdasan buatan (AI).

"Kami berharap bahwa ini bisa juga berlaku untuk medium skill platform tapi sekarang sudah teraglomerasi menjadi 3 sampai 4 platform. Nah ini Pak Mendag (Budi Sasanto) mungkin perlu dilihat karena platform-platform lain sepertinya semakin kehilangan kemampuan untuk bersaing," ujar Airlangga dalam acara Kick Off Road to Harbolnas 2025, Senin (8/9/2025).

Baca Juga: Persaingan Makin Ketat, Simak Rekomendasi Saham Emiten Sektor E-Commerce

Airlangga menilai bisnis e-commerce kini menjadi semakin padat modal (capital intensive). "Terutama dalam era AI, algoritma daripada platform di luar 4 besar itu sepertinya algoritmanya tertinggal. Sehingga ini yang membuat bisnis ini juga menjadi sangat capital intensive," katanya.

Meski demikian, fundamental ekonomi Indonesia dinilai masih kuat. Airlangga menyebut, PMI manufaktur naik 1,5 poin, inflasi tetap terkendali di level 2,31%, indeks keyakinan konsumen berada di angka 118, serta investasi kuartal II masih terjaga dan menjadi tumpuan pertumbuhan bisnis pada semester kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×