kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Basuki Ajak Arsitek Salurkan Ide Untuk Pembangunan IKN Baru


Senin, 21 Februari 2022 / 13:58 WIB
Menteri Basuki Ajak Arsitek Salurkan Ide Untuk Pembangunan IKN Baru
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan inspeksi kerja ke lokasi IKN baru di Penajam Paser, Kalimantan Timur.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajak, para arsitek agar turut berkontribusi dalam menyalurkan berbagai ide dan kreativitas untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Basuki menuturkan, kontribusi para arsitek dibutuhkan dalam pengembangan IKN yang baru yang mengimplementasikan tiga pilar.

Ketiga pilar tersebut yakni, mencerminkan identitas nasional, menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi, dan lingkungan, serta mewujudkan kota cerdas, modern, dan berstandar internasional.

Menurutnya, pemindahan IKN merupakan lompatan besar menuju Indonesia baru yang akan memberikan peluang besar.

Ini sekaligus menjadi tantangan besar bagi arsitek, perencana kota, spesialis urban design, dan insinyur untuk berkontribusi dan berkolaborasi.

"Kami sangat menyambut ide-ide baru dan kreativitas berdasarkan filosofi kota modern yang tetap dipadukan dengan kearifan lokal," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (21/2/2022).

Baca Juga: Kementerian PUPR Menyiapkan Desain Pembangunan IKN Baru

Basuki berpendapat, pembangunan IKN bukan sekadar memindahkan kota dan gedung-gedung pusat pemerintahan, tetapi juga merencanakan pusat perkotaan modern dengan prinsip IKN Nusantara sebagai Future Smart Forest City of Indonesia.

Dia menambahkan, Kementerian PUPR pun telah menyusun dokumen perencanaan dari tahap makro dan tahap meso.

Kini, saatnya memasuki tahap desain mikro termasuk Detailed Engineering Design (DED) sebagai acuan pelaksanaan pembangunan fisik IKN Nusantara.

Basuki berharap, ketiga pilar visi dan tujuan IKN baru menjadi cerminan bagi kemajuan bangsa. Sehingga, dapat dijadikan contoh untuk pembangunan kota-kota lain di Indonesia.

Sebab, tiga pilar tersebut mencerminkan identitas bangsa yang diterjemahkan dalam urban design secara filosofis dari pilar-pilar kebangsaan seperti Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Basuki Ajak Arsitek Salurkan Ide Demi Membangun IKN Nusantara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×