kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri Enggartiasto minta ibu-ibu beli produk lokal lewat e-commerce


Selasa, 15 Oktober 2019 / 07:04 WIB
Menteri Enggartiasto minta ibu-ibu beli produk lokal lewat e-commerce
ILUSTRASI. Ilustrasi belanja online. KONTAN/Baihaki/2017/12/05


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keberadaan e-commerce kian memudahkan proses transaksi jual-beli. Pasalnya, tidak hanya menguntungkan pihak pedagang dan konsumen, keberadaan plaform ini pun bisa menggeliatkan pertumbuhan industri logistik.

Namun demikian, bukan berarti keberasaan e-commerce lepas dari masalah. Munculnya platform-platform penjualan online yang melayani jasa cross border (antar negara), turut berkontribusi terhadap melonjaknya impor dalam negeri.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pun meminta agar konsumen e-commerce membelanjakan uangnya untuk produk-produk dalam negeri.

Baca Juga: Shopee terus catat pertumbuhan gross merchandise value

Menurut dia, kualitas produk dalam negeri tak kalah bagus dengan produk impor. "Ibu-ibu belanjalah produk lokal. Pakai produk lokal keren dan tidak usah lagi belanja yang branded. Itu bahkan mulai dari aksesoris, tas-tas yang dari eceng gondok, dari berbagai hal, itu bagus," ujar dia di Jakarta, Senin (14/10/2019).

Selain itu, dia pin meminta platform e-commerce untuk mengadakan kampanye satu hari khusus menjual produk-produk lokal. Menurutnya, dengan demikian daya saing produk lokal bisa meningkat jika dibandingkan dengan pelaku usaha lokal dan internasional.

"Tolong penuhi juga pasar dalam negeri kita dengan produk-produk lokal kita. Ada baiknya secara bersama-sama sehari saja dalam sebulan hanya menjual produk lokal, benar-benar lokal," ujar dia.

Baca Juga: Pemerintah mengakui tidak mudah mengumpulkan pajak e-commerce

Enggar pun mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan juga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan bakal menyusun regulasi yang lebih akomodatif agar hal itu bisa terlaksana. Regulasi diperlukan agar hak-hak konsumen bisa terpenuhi.

"Kemendag dan DJBC akan menyusun pengamanan bagi konsumen agar hak-hak konsumen yang dipersyaratkan bisa dipenuhi," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemendag Minta Ibu-ibu Beli Produk Lokal di e-Commerce"
Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×