kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Shopee terus catat pertumbuhan gross merchandise value


Senin, 14 Oktober 2019 / 19:19 WIB
Shopee terus catat pertumbuhan gross merchandise value
ILUSTRASI. Pembukaan kampanya Shopee 11.11 sales Shopee Indonesia luncurkan progrram ekspor

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Perusahaan daring, Shopee terus pertumbuhan volume transaksi atawa gross merchandise value (GMV). Adapun hingga semester I lalu perusahaan e-commerce asal Singapura itu mencatatkan pertumbuhan GMV 78,05%.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia memaparkan sejak tahun lalu Shopee terus mencatatkan pertumbuhan GMV. "Bahkan tahun lalu sampai meningkatkan target GMV menjadi sekitar US$ 10 miliar," terangnya kepada kontan.co.id di Jakarta, Senin (14/10).

Baca Juga: Persaingan e-commerce juga lecut bisnis sektor rill?

Ia melanjutkan, untuk realisasi tahun lalu Shopee mencatatkan GMV sebesar US$ 10,2 miliar. Dari sana, ia menyebutkan Shopee Indonesia rata-rata berkontribusi pada bisnis Shopee dikisaran 40%.

Sedangkan, di tahun ini ia mengakui tak diberikan target dari induknya. Menurutnya, hal tersebut lantaran kinerja Shopee Indonesia yang terus bertumbuh dengan baik.

Untuk realisasi di tahun ini, Handhika bilang Shopee telah mencatatkan GMV sebesar US$ 7,3 miliar yang mana tumbuh 78,05% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 4,1 miliar. Dari sana, tiga kategori produk yang menjadi andalan yakni fashion, kecantikan, dan elektronik.

Ia merincikan, untuk kuartal I GMV Shopee sebesar US$ 3,5 miliar yang mana tumbuh 84,21% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$ 1,9 miliar. Selanjutnya, pada kuartal II GMV Shopee sebesar US$ 3,8 miliar yang mana dibandingkan dari periode yang sama tahun sebelumnya juga tumbuh dari US$ 2,2 miliar.

Baca Juga: Tokopedia menggandeng BTS, Boyband asal Korea Selatan

Untuk kuartal III sendiri, pihaknya mengaku belum mendapatkan data terkait realisasi GMV yang diraih. Ia memproyeksikan usai pagelaran 11.11 pihaknya baru bisa mengumumkannya.

Walalupun begitu, ia optimis akan menghasilkan GMV yang lebih baik lagi. "Karena semester II, khususnya kuartal IV itu harinya e-commerce melalui pesta diskon," lanjutnya.

Kampanye Shopee 11.11 Big Sale

Handhika menyebutkan selama ajang bulanan seperti 10.10, 11.11, maupun 12.12 menjadi salah satu katalis positif atas pendapatan maupun GMV. "Iya menjadi salah satu pendongkrak dari sisi penjualan maupun GMV," terangnya.

Sayangnya, ia enggan memaparkan kontribusi dari ajang tersebut. Demikian dengan target, pihaknya juga masih enggan membeberkan target penjualan dari Shopee 11.11 ini.

Baca Juga: Riset Paxel: Mayoritas UMKM online pilih medsos dan layanan same day delivery

Hanya saja, Handhika menerangkan bahwa khusus 11.11 dan 12.12 market selalu bergeliat sehingga dari dua periode tersebut pihaknya mampu mendongkrak kinerja mereka.

Ia menggambarkan pada 2018 lalu, dari ajang 11.11 pihaknya berhasil tumbuh 4,5 kali lipat dari capaian di tahun 2017. Kemudian dari ajang 10.10 kemarin pihaknya berhasil mencatatkan pertumbuhan transaksi 3 kali lipat dari 10.10 pada 2018.

Adapun untuk event 11.11 ini, pihaknya menawarkan berbagai unggulan. "Kami beri suatu yang baru, promosinya diskon 50% tiap hari dan gratis ongkos kirim," tutupnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU

[X]
×