kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri ESDM Minta Ada Diskon Harga Soal Divestasi Saham Vale


Jumat, 14 Juli 2023 / 17:38 WIB
Menteri ESDM Minta Ada Diskon Harga Soal Divestasi Saham Vale
ILUSTRASI. Soal Divestasi Saham Vale, Menteri ESDM Minta Ada Diskon Harga. Warta Kota/YULIANTO


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan, proses pelepasan (divestasi) saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) masih berlanjut. Rencananya, Vale bakal melepas 14 persen sahamnya, naik dari sebelumnya sebesar 11 persen.

Pelepasan saham ini sebagai syarat perpanjangan kontrak Vale yang akan berakhir pada 2025. Nantinya saham yang dilepas Vale akan dibeli oleh Holding BUMN Tambang MIND ID.

Terkait harga divestasi saham Vale tersebut, Arifin mengatakan sudah ada kesepakatan antara kedua perusahaan.

"Sudah disepakati dengar-dengarnya. Ini kan business to business, sesudah disepakati nanti Vale katanya menyiapkan offer untuk divestasi memang dia akan memberikan yang lebih baik buat MIND ID,” ujar Arifin kata Arifin di Kementerian ESDM, Jumat (14/7/2023).

Baca Juga: Jadi Pengendali Vale, Pemerintah Berpeluang Pacu Hilirisasi Nikel

Ia menuturkan, Kementerian ESDM tak memberikan permintaan khusus terkait divestasi saham tersebut karena dijalankan secara bisnis antar kedua perusahaan (business to business/B2B).

Namun, jika nantinya Vale menggunakan harga pasar dalam menentukan nilai divestasi, Arifin berharap Vale bisa memberikan diskon harga kepada MIND ID.

"Kalau pun nanti pakai harga pasar, tapi tetap ada diskonnya. Kalau replacement cost, itu kesepakatan dua pihaklah," kata dia.

Untuk diketahui, saat ini komposisi pemegang saham Vale Indonesia terdiri dari 43,79 persen milik Vale Canada Limited, 15,03 persen milik Sumitomo Metal Mining Co., Ltd (SMM), dan 0,54 persen milik Vale Japan Ltd.

Kemudian sebesar 20 persen dimiliki MIND ID, dan 21,18 persen menjadi saham publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca Juga: Mind Id Belum Komunikasi dengan Pemda Soal Divestasi Vale Indonesia (INCO)

Arifin bilang, saham yang dilepas nantinya dari milik Vale Canada dan Sumitomo. Maka bila nantinya negosiasi divestasi berhasil, maka MIND ID akan menjadi pemegang saham mayoritas Vale Indonesia.

"Dengan angka 14 persen itu, mayoritas shareholder (pemegang saham) ada di MIND ID. Kesepakatan bulan ini adalah kesepakatan dua belah pihak," pungkas Arifin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Divestasi Saham Vale, Menteri ESDM Minta Ada Diskon Harga"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×