kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri PUPR Tingkatkan Kerjasama Indonesia-Australia di Bidang Infrastruktur


Senin, 22 Mei 2023 / 22:37 WIB
Menteri PUPR Tingkatkan Kerjasama Indonesia-Australia di Bidang Infrastruktur
ILUSTRASI. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono?usai rapat internal di Istana Kepresidenan Jakarta.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hadir dalam peresmian kantor baru Indonesia Australia Partnership for Infrastructur atau Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) di Menara Standard Chartered, Jakarta, Senin (22/5).

Hubungan bilateral antara Pemerintah Indonesia dengan Australia diharapkan dapat merealisasikan harapan kedua negara terhadap pengembangan infrastruktur di Indonesia.

Menteri Basuki menyampaikan apresiasinya atas kerjasama yang telah terjalin antara kedua negara di bidang infrastruktur, di mana Kementerian PUPR bersama KIAT telah bekerjasama di bidang jalan, air bersih, sanitasi, dan skema Kerjasama antara Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Yang menjadi unik di KIAT ini tidak hanya bermitra dengan membantu Kementerian PUPR dalam physical development program, tetapi juga seperti konsep-konsep regulasi yang baru di introduce kepada kami dibantu oleh KIAT, seperti KPBU dan hibah jalan daerah,” kata Menteri Basuki dalam keterangan resmi, Senin (22/5).

Baca Juga: Anggaran Pembangunan IKN Masuk APBN untuk Pancing Investor Masuk

Menteri Basuki berharap dengan adanya kantor baru tersebut tidak hanya menyediakan ruang kerja bagi pegawai KIAT, tetapi juga menjadi sarana untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Australia dalam meningkatkan kolaborasi pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Sekali lagi terima kasih atas dukungan KIAT selama ini, dan untuk future saya kira kita dapat meningkatkan kerja sama ini untuk kemajuan Indonesia,” kata Menteri Basuki.

Direktur Fasilitas KIAT Steven Chaytor mengatakan, sejumlah kerja sama konkrit yang telah dan akan dilakukan antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR dengan bantuan pendanaan Pemerintah Australia.

Di antaranya program Provincial Road Improvement and Maintenance yakni program yang menyediakan dana hibah berbasis kinerja dan peningkatan kapasitas untuk pengembangan jalan daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Probolinggo.

“Kami juga menjalankan Program Hibah Jalan Daerah dengan  memberikan bantuan teknis untuk sistem pengelolaan aset jalan dan mendukung kapasitas pemerintah daerah untuk perbaikan jalan,” katanya.

Baca Juga: Jalan Tol Cisumdawu Operasional Juni 2023

Selain itu juga tengah disiapkan program pembangunan Jalan Tol Pejagan-Cilacap yang mengintegrasikan desain tahan iklim, pembangunan instalasi dan jaringan pengolahan air limbah Palembang, program peningkatan kinerja teknis dan finansial BUMD Air Minum, penyelesaian proyek pemeliharaan jalan sub-nasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×