kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski ada pandemi corona, Aqua Japan masih optimis kejar pertumbuhan penjualan 15%


Rabu, 15 Juli 2020 / 20:20 WIB
Meski ada pandemi corona, Aqua Japan masih optimis kejar pertumbuhan penjualan 15%
ILUSTRASI. Produk elektronik lemari es AQUA Japan, dahulu bermerek Sanyo lalu dibeli oleh Haier China


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aqua Japan optimis bisnisnya masih bisa melaju di Indonesia meski di tengah pandemi corona (covid-19) Hingga tutup tahun nanti, produsen barang-barang elektronik asal Jepang ini membidik target pertumbuhan penjualan sebesar 15% dibanding realisasi tahun 2019 lalu.

Sebenarnya, target pertumbuhan penjualan sebesar 15% secara tahunan ini lebih rendah dibanding target semula. Presiden Direktur Aqua Japan Kenji Sadayuki mengatakan, sebelumnya perusahaan sempat menargetkan target  pertumbuhan sebesar 28% untuk tahun ini. 

Baca Juga: Permintaan kulkas dan TV LED Polytron Indonesia meningkat saat pandemi corona

Namun demikian, target pertumbuhan tersebut kemudian direvisi menjadi 15% setelah melihat realisasi kinerja penjualan yang turut terimbas corona di paruh pertama tahun ini.

“Secara year-on-year, revenue kami di semester I masih tumbuh 2% dibanding periode sama tahun lalu, tapi  kalau versus target realisasi penjualan kami hanya mencapai 83%,” kata Kenji dalam acara webinar yang dihelat pada Rabu (15/7).

Pertumbuhan mini yang didapat pada paruh pertama utamanya ditopang oleh kenaikan penjualan produk-produk seperti misalnya kulkas ukuran besar, freezer, dan televisi digital pintar. Berdasarkan segmentasi wilayahnya, sebagian besar penjualan Aqua Japan masih didominasi oleh penjualan di wilayah Pulau Jawa, khususnya wilayah Jabodetabek. 

Meski hanya mencatatkan pertumbuhan mini di paruh pertama, Aqua Japan masih optimis mampu mengejar target pertumbuhan penjualan 15% hingga tutup tahun, sebab Aqua Japan telah meluncurkan sejumlah produk-produk dengan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pada saat pandemi corona. 

Baca Juga: Penjualan produk Sharp berteknologi plasmacluster melonjak di masa pandemi corona

Untuk produk pendingin ruangan (AC) misalnya, Aqua Japan telah meluncurkan produk AC yang dapat melakukan pencucian secara otomatis sehingga pengguna tidak perlu repot-repot memanggil tukang servis AC untuk membersihkan AC yang dimiliki.

Sejumlah inovasi lainnya juga sudah dilakukan pada kategori-kategori produk-produk lainnya seperti pada televisi digital pintar, mesin cuci, dan lain-lain. Kalau ditotal, terdapat sekitar 10 model produk dengan inovasi baru yang sudah diluncurkan ke pasar.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×