kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.478.000   -4.000   -0,27%
  • USD/IDR 15.685   -195,00   -1,26%
  • IDX 7.504   8,04   0,11%
  • KOMPAS100 1.166   4,61   0,40%
  • LQ45 927   -2,36   -0,25%
  • ISSI 227   1,87   0,83%
  • IDX30 478   -1,88   -0,39%
  • IDXHIDIV20 574   -2,08   -0,36%
  • IDX80 133   0,26   0,20%
  • IDXV30 142   0,64   0,46%
  • IDXQ30 160   -0,33   -0,20%

Meski kecil, pasar sedan tetap punya pasar


Kamis, 25 April 2013 / 21:28 WIB
Meski kecil, pasar sedan tetap punya pasar
ILUSTRASI. Surplus neraca dagang Indonesia bulan Oktober 2021 cetak rekor tertinggi sepanjang masa


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Karakter konsumen mobil sedan yang tidak mau memalingkan perhatian ke tipe mobil lain membuat PT Honda Prospect Motor berani melansir generasi terbaru Honda Accord, yaitu All New Honda Accord.

Menurut Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Purna Jual Honda Prospect Motor, pasar mobil sedan masih ada, meski saat ini sedang tren mobil serbaguna serta sport utility vehicle (SUV). "Tetap ada konsumen yang tidak bisa berpaling ke sedan," katanya, Kamis (25/4).

Generasi terbaru Accord membuat Honda Prospect berani menargetkan penjualan lebih tinggi ketimbang tahun lalu, yakni sekitar 200 unit per bulan. Tahun lalu, penjualan sedan yang masuk kategori medium ini rata-rata 175 unit per bulan.

Honda membanderol harga Accord mulai Rp 499 juta sampai Rp 549 juta (on the road Jakarta). Dengan produk baru ini, Honda Prospect berupaya tetap menjaga status penguasa pasar sedan di pasar domestik di atas 40%. Sampai Maret 2013, target tersebut sudah tercapai dengan menguasai 40,9% pangsa pasar.

Di kuartal I-2013, Honda Prospect menjual 2.346 unit sedan dari total penjualan sedan nasional sebanyak 5.735 unit. Penjualan Accord periode itu sebanyak 105 unit dari total penjualan sedan medium sebanyak 1.449 unit.

Accord bakal bersaing dengan All New Mazda 6 yang belum lama ini diluncurkan PT Mazda Motor Indonesia  dan All New Camry dari Toyota yang keluar tahun lalu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), juara di pasar sedan medium masih dipegang Toyota Camry dengan penjualan 679 unit di kuartal I-2013 atau menguasai 46% pasar.

Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) bilang, Toyota menargetkan tetap menguasai sekitar 50% pasar sedan medium. "Target kami tetap menjadi pemimpin pasar," katanya.Camry punya tipe di segmen ini, yakni jenis hybrid yang baru meluncur tahun lalu.

Selama kuartal I-2013, Camry tipe hybrid sudah terjual sebanyak 130 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×