kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitra Pinasthika (MPMX) Optimistis Penjualan Mobil Bekas Meningkat Jelang Lebaran


Kamis, 15 Februari 2024 / 15:10 WIB
Mitra Pinasthika (MPMX) Optimistis Penjualan Mobil Bekas Meningkat Jelang Lebaran
ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan yang akan ditawarkan di Balai Lelang AUKSI?milik MPM Group.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) optimis harga dan penjualan mobil bekas akan meningkat jelang Lebaran. Momentum Lebaran ini akan dimanfaatkan MPMX untuk meningkatkan kinerja.

General Manager Corporate Communication & Sustainability Mitra Pinasthika Mustika, Natalia Lusnita mengatakan, MPMX melalui Auksi melihat tren penjualan menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan sejak November - Desember 2023.

"Dan untuk Januari-Februari 2024 ini terlihat indikasi bahwa tren akan terus meningkat baik harga maupun penjualan karena memang periode menjelang Lebaran. Untuk AUKSI sendiri, unit stok diperbanyak untuk bulan Februari ini," kata Natalia kepada KONTAN, Kamis (15/2).

Ia menuturkan, pendorong pasar mobil bekas masih memiliki peluang besar dan diminati oleh masyarakat.

Baca Juga: Cemindo Gemilang (CMNT) Alokasikan Capex Rp 600 Miliar di Tahun 2024

Hal ini lantaran masyarakat masih memilih membeli mobil bekas tidak selalu disebabkan karena tidak mampu membeli mobil baru, tapi juga karena pertimbangan value for money di mana depresiasi menjadi faktor mobil bekas tetap memiliki pangsa pasar sendiri.

Selain itu, kata Natalia, masyarakat Indonesia tidak masalah dengan mobil bekas selama penampilan, kondisi mobil masih baik dan harga yang kompetitif. Terlebih, kenaikan harga mobil baru yang signifikan tinggi untuk mobil-mobil baru juga mendorong masyarakat untuk memilih mobil bekas.

MPMX tidak menampik bahwa persaingan bisnis mobil bekas cukup ketat seiring banyaknya platform jual-beli mobil bekas online. Kehadiran sederet platform online pun sebenarnya menjadi penanda suplai mobil bekas semakin banyak sehingga membuat harga unit mengalami penurunan.

Meski telah berkolaborasi dengan Carro, saat ini MPMX lewat MPM Rent belum melakukan penjualan dengan menggunakan platform tersebut secara online. Terlepas dari itu, Carro memiliki privilege untuk mendapatkan unit-unit kendaraan dari MPM Rent yang kemudian dijual secara online melalui platform tersebut.

“MPM Rent tetap melakukan penjualan unitnya melalui balai lelang AUKSI.

Tantangan lain bagi MPMX adalah kemunculan mobil hybrid dan mobil listrik yang relatif semakin terjangkau harganya serta keberadaan peraturan pemerintah terkait uji emisi untuk kendaraan bermotor berusia di atas 3 tahun. Hal ini turut mempengaruhi konsumen untuk menahan pembelian unit mobil bekas pada kuartal IV-2023.

Baca Juga: Saham Aneka Tambang (ANTM) Bertahan Jadi konstituen Indeks-Indeks Terkemuka di BEI

Asal tahu saja, hingga kuartal III-2023, MPMX melalui MPM Rent telah menjual mobil bekas sebanyak 2.500 unit atau naik 21% year on year (YoY) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Unit mobil bekas yang paling diminati masih berasal dari multi purpose vhicle (MPV) dan sport utility vehicel (SUV) seperti Toyota Avanza, Kijang Innova, Fortuner, dan Honda CR-V.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×