Reporter: Aris Nurjani | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) bersiap melebarkan sayap bisnis ke Malaysia.
IPTV akan melakukan ekspansi pasar bisnis televisi berbasis pelanggan dan layanan distribusi konten menggunakan direct to home (DTH) ke Malaysia.
Direktur Utama MNC Vision Networks Ade Tjendra mengatakan, ekspansi pasar bisnis televisi ke Malaysia lantaran pasar di negeri Jiran masih memiliki potensi pasar yang cukup besar.
MNC Vision Networks telah melakukan kerjasama dengan Ansat Broadcast Sdn Bhd (Ansat Broadcast) untuk mendistribusikan konten siaran via DTH dan hiburan digital melalui platform over the top (OTT) untuk pasar Malaysia dan siap dilakukan tahun ini.
"Tahun ini kita pastikan akan ekspansi bisnis ke Malaysia, karena kita melihat market Malaysia masih sangat potensial dan besar," ucap Ade setelah RUPST di MNC Conference Hall, Selasa (20/6).
Baca Juga: MNC Vision Networks Tbk (IPTV) Targetkan Kenaikan Kinerja Hingga 20% pada 2023
Ade menyampaikan, pemain konten TV di Malaysia masih belum terlalu ramai. Mengingat dari segi budaya tidak terlalu jauh berbeda dengan Indonesia sehingga dapat lebih mudah menyesuaikan konten-konten yang dibutuhkan.
"DTH satelit pengembangannya bisnisnya akan ke Malaysia, karena di Malaysia hanya ada 1 operator, yaitu Astro Malaysia Holdings Berhad dan ini peluang bagi kita untuk masuk ke sana," lanjutnya.
Ade menambahkan, untuk ekspansi ke pasar Malaysia itu, MNC Vision Networks tidak menyiapkan capital expenditure (capex) atau belanja modal pada tahun 2023. Hal itu lantaran IPTV akan melakukan utilisasi pada footprint dari satelit yang sudah ada sebelumnya.
"Ekspansi ini kita tidak menggunakan capex karena kita hanya mengutilisasi daripada footprint satelit yang sudah ada. Jadi sebetulnya hanya expansi geografis sehingga tidak expansi capex, tetapi ekspansi pasar saja," jelasnya.
Baca Juga: Prospek Kinerja Global Mediacom (BMTR) Saat Masuk Tahun Politik
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News