CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.386.000   -14.000   -1,00%
  • USD/IDR 16.295
  • IDX 7.288   47,89   0,66%
  • KOMPAS100 1.141   4,85   0,43%
  • LQ45 920   4,23   0,46%
  • ISSI 218   1,27   0,58%
  • IDX30 460   1,81   0,40%
  • IDXHIDIV20 553   3,30   0,60%
  • IDX80 128   0,57   0,44%
  • IDXV30 130   1,52   1,18%
  • IDXQ30 155   0,78   0,50%

Momentum Akhir Tahun Jadi Ajang Persaingan Travel Umrah


Kamis, 07 Desember 2023 / 16:15 WIB
Momentum Akhir Tahun Jadi Ajang Persaingan Travel Umrah
ILUSTRASI. Momentum Akhir Tahun Jadi Ajang Persaingan Bagi Travel Umrah. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/tom.


Reporter: Shobihatunnisa Akmalia | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh pebisnis, karena momen ini banyak masyarakat yang membelanjakan uang mereka untuk menyambut tahun baru. Salah satunya bisnis travel dan umrah. Namun, persaingan di antara bisnis travel sangatlah ketat.

Presiden Direktur Patuna Travel Syam Resfiadi mengatakan, untuk bisnis umrah di akhir tahun ini cukup bagus, walaupun tidak semua travel dapat memberangkatkan banyak jamaah.

"Memang di akhir tahun ini permintaan meningkat, namun tidak signifikan dikarenakan karena harga-harga di Arab Saudi semuanya meningkat. Termasuk komponen tiket dari Indonesia-nya di akhir tahun ini dianggap high season," ungkap Syam kepada Kontan, Kamis (7/12).

Baca Juga: AMPHURI: Hampir 1,5 Juta Orang Berangkat Umroh pada Periode 1444 Hijriah

Walaupun permintaan umrah meningkat, Syam menuturkan untuk mendapatkan banyak jamaah sangat sulit. Hal ini karena supply dan demand-nya yang belum seimbang, baik dari segi pesawat maupun hotel-hotel di Arab Saudi. Tidak hanya itu, terdapat banyak persaingan di antara travel sehingga dari segi pemain travel momen akhir tahun ini tidak terlalu meningkat secara signifikan.

"Untuk bisa mendapatkan banyak jamaah itu sulit, karena persaingan dengan travel lain" ucap Syam.

Apabila dilihat dari kacamata pemain travel, permintaan umrah akhir tahun ini tidak terlalu meningkat signifikan. Namun, jika dilihat dari kacamata pemain airline terlihat adanya peningkatan. Menurut Syam, hal ini karena pemain airline hanya "itu-itu" saja. Sedangkan untuk bisnis travel persaingannya sangat ketat.

"Dari sekitar 2600 travel resmi tentunya jadi sedikit (jamaahnya), sementara pemain hotel dan pemain airline itu-itu saja, sehingga seolah-olah banyak permintaan. Inilah yang tidak dirasakan oleh teman-teman travel" jelas Syam.

Baca Juga: Garuda Indonesia (GIAA) Fokus ke Penerbangan Umrah

Mengenai prospek tahun 2024, bisnis travel umrah ini masih bisa diharapkan karena peminatnya di Indonesia masih cukup tinggi dari jumlah yang diberangkatkan. Namun, para pemain travel masih menunggu kapasitas hotel di Arab Saudi dapat bertambah agar tidak ada persaingan yang ketat dan menyebabkan harga menjadi tinggi. Patuna Travel sendiri sudah memberangkatkan sekitar 1000 jamaah dari awal tahun 2023 hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligence with Ms Excel Sales for Non-Sales (Sales for Non-Sales Bukan Orang Sales, Bisa Menjual?)

[X]
×