kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.263.000   -4.000   -0,18%
  • USD/IDR 16.658   20,00   0,12%
  • IDX 8.184   17,84   0,22%
  • KOMPAS100 1.144   4,60   0,40%
  • LQ45 837   0,23   0,03%
  • ISSI 284   -0,42   -0,15%
  • IDX30 441   0,53   0,12%
  • IDXHIDIV20 509   0,80   0,16%
  • IDX80 128   -0,10   -0,08%
  • IDXV30 138   -0,14   -0,10%
  • IDXQ30 140   -0,44   -0,31%

Moncer, Mandom Indonesia (TCID) Catat Kinerja Positif per kuartal III-2025


Kamis, 30 Oktober 2025 / 11:10 WIB
Moncer, Mandom Indonesia (TCID) Catat Kinerja Positif per kuartal III-2025
ILUSTRASI. Penjualan Mandom Indonesia (TCID) naik 17,6% menjadi Rp 1,58 triliun hingga kuartal III-2025 dengan penjualan domestik capai Rp 774,7 miliar


Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) berhasil meraih pertumbuhan kinerja di sepanjang periode Januari-September 2025. Pencapaian ini didorong oleh penjualan domestik sebagai kontributor utama kinerja perseroan. 

Mandom Indonesia tercatat membukukan penjualan sebesar Rp 1,58 triliun hingga kuartal III-2025 atau tumbuh 17,6% dari Rp 1,34 triliun pada periode yang sama tahun 2024. 

Adapun, penjualan domestik perseroan mampu bertumbuh 37%, dari semula Rp 774,7 miliar menjadi Rp 1,06 triliun. Sedangkan untuk ekspor, angkanya tercatat Rp 519,72 miliar, lebih rendah dibandingkan tahun 2024 yang sebesar Rp 569,91 miliar. 

Baca Juga: Mutuagung (MUTU) Bidik Pengembangan Layanan di Industri Hijau, Halal dan Digital

Presiden Direktur Mandom Indonesia Koichi Watanabe menyatakan pertumbuhan pada periode imi didukung oleh kinerja penjualan dari berbagai segmen produk, terutama perawatan kulit dan makeup yang tumbuh 31,2% dari Rp453,1 miliar di kuartal III-2024 menjadi Rp594,3 miliar. 

Segmen wangi-wangian juga tumbuh dua digit sebesar 17,8% dari Rp322,0 miliar menjadi Rp379,4 miliar. Sementara itu, segmen perawatan rambut tumbuh 5,9% dari Rp561,5 miliar menjadi Rp594,6 miliar.

Di sisi lain, walaupun kontribusinya masih kecil, penjualan online juga dapat tumbuh dengan baik dan menjadi salah satu area fokus pengembangan Mandom Indonesia.

“Sampai dengan September tahun ini, penjualan di seluruh segmen produk mampu mencatatkan pertumbuhan yang positif didukung dengan strategi yang integratif antara pengembangan produk baru dan penguatan penjualan di berbagai saluran termasuk penjualan online yang tumbuh dengan signifikan,” ungkap Koichi, Kamis (30/10/2025). 

Dari sisi biaya, Mandom Indonesia mencatatkan perbaikan rasio beban pokok penjualan terhadap penjualan bersih dari 88,5% menjadi 72,4%. Perbaikan ini mendorong pencapaian positif pada laba kotor yang tumbuh signifikan dari Rp154,1 miliar di kuartal III-2024 menjadi Rp436,4 miliar. 

Laba bersih juga tercatat dalam posisi positif sebesar Rp33,4 miliar. Maklumlah, pada posisi yang sama tahun sebelumnya, TCID masih mencatatkan kerugian sebesar Rp 86,84 miliar. 

 

“Tahun 2025 menjadi tahun pemulihan di mana target kami adalah untuk bisa mencatatkan kinerja yang positif mulai dari penjualan hingga laba bersih. Kami melakukan upaya perbaikan di berbagai bidang termasuk inovasi produk, manajemen produksi, optimalisasi saluran penjualan dan komunikasi konsumen, serta pengembangan kompetensi karyawan sebagai sumber daya bagi bisnis kami,” tambahnhya. 

Dia menuturkan, pasar domestik Indonesia masih menjadi kontributor terbesar bagi penjualan Mandom Indonesia dengan rasio penjualan domestik sebesar 67,1%. Walaupun persaingan di pasar domestik semakin ketat, Mandom Indonesia berencana untuk menangkap peluang pasar domestik yang memiliki potensi peningkatan jumlah konsumen ke depannya. 

“Untuk menangkap peluang pertumbuhan konsumen di berbagai segmen dan demografi, kami akan senantiasa berupaya untuk responsif maupun proaktif terhadap perubahan konsumen dan pasar sebagai bentuk komitmen jangka panjang kami kepada pasar Indonesia,” tutup Koichi. 

Selanjutnya: Rekomendasi Anime Slice of Life Komedi, Kisah Sehari-hari Penuh Humor

Menarik Dibaca: Rekomendasi Anime Slice of Life Komedi, Kisah Sehari-hari Penuh Humor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×