kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MRMP Bulog Resmi Beroperasi, Budi Waseso: Percepat Alur Proses Pengolahan Beras


Minggu, 12 Maret 2023 / 23:25 WIB
MRMP Bulog Resmi Beroperasi, Budi Waseso: Percepat Alur Proses Pengolahan Beras
ILUSTRASI. Peresmian MRMP Bulog di Sragen. foto dokumentasi Perum BulogPresiden Joko Widodo meresmikan pabrik penggilingan padi atau modern rice miling plant (MRMP) Perum Bulog di Kecamatan Masaran, Sragen, Jawa Tengah, Sabtu (11/3/2023).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mendukung program prioritas nasional utamanya peningkatan kedaulatan pangan nasional, Perum Bulog menambah fasilitas yang dimiliki yakni Sentra Penggilingan Padi Modern/Modern Rice Milling Plant (MRMP) yang berlokasi di Sragen, Jawa Tengah.

MRMP yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo ini merupakan salah satu infrastruktur Pasca Panen yang dibangun dengan dilengkapi dengan mesin pengering berkapasitas 120 ton/hari.

Selain itu MRMP ini memiliki mesin penggiling padi (RMU) berkapasitas 6 ton/jam, dan 3 unit SILO berkapasitas simpan 2.000 ton.

Baca Juga: Petani Harapkan HPP Gabah/Beras Segera Dikeluarkan Pemerintah

Direktur Utama (Dirut) Perum BULOG Budi Waseso mengatakan, pembangunan infrastruktur MRMP ini bertujuan mempercepat alur proses pengolahan beras yang terpusat dalam fasilitas pengolahan gabah hasil panen berbasis teknologi modern yang terdiri dari mesin pengering (dryer), unit penggilingan padi (RMU) sebagai mesin konversi gabah menjadi beras dengan dilengkapi teknologi penyortir warna (color sorter).

“Adapun terhadap fungsi dan peranan Sentra Penggilingan Padi Modern Sragen ini diharapkan dapat dapat membantu petani karena bisa menurunkan angka kesusutan pasca panen, meningkatkan kuantitas dan kualitas serapan gabah hasil panen petani khususnya di Provinsi Jawa Tengah,” kata Budi Waseso dalam keterangan tertulis, Minggu (12/3).

Melalui peresmian ini, diharapkan Bulog dapat meningkatkan penyerapan hasil panen petani dengan dukungan sarana pengolahan padi yang terintegrasi secara modern. Serta menjamin kualitas dan ketersediaan komoditas pangan yang dikelola oleh Bulog.

Adanya MRMP ini juga mendukung Bulog dalam menjalankan penugasan pemerintah dalam melaksanakan produksi, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian pangan pokok.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Sentra Penggilingan Padi Modern milik Bulog ini sudah beroperasi di 7 lokasi sentra produksi yaitu Sragen, Subang, Kendal, Karawang, Lampung, Bojonegoro dan Magetan.

Baca Juga: Ikappi Ingatkan Fase Kenaikan Harga Pangan Jelang Puasa dan Lebaran

"Sentra Penggilingan Padi Modern ini akan memperkuat Bulog dalam menyerap sebanyak-banyaknya gabah di petani karena sarana penyimpanan dan kapasitas mesinnya yang sangat besar," kata Jokowi.

Dengan demikian Bulog akan mampu memaksimalkan penyerapan produksi petani sebanyak 2,4 juta ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×