kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.902.000   8.000   0,42%
  • USD/IDR 16.254   -26,00   -0,16%
  • IDX 7.005   61,45   0,88%
  • KOMPAS100 1.020   9,19   0,91%
  • LQ45 779   10,37   1,35%
  • ISSI 230   -0,09   -0,04%
  • IDX30 401   6,24   1,58%
  • IDXHIDIV20 465   9,72   2,14%
  • IDX80 115   1,11   0,98%
  • IDXV30 116   1,36   1,19%
  • IDXQ30 129   1,78   1,39%

MRT: Pembangunan Rute Cikarang-Balaraja Diupayakan Tanpa Menggunakan Dana Pemerintah


Kamis, 10 Juli 2025 / 20:58 WIB
MRT: Pembangunan Rute Cikarang-Balaraja Diupayakan Tanpa Menggunakan Dana Pemerintah
ILUSTRASI. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wpa. MRT Jakarta tengah berupaya untuk mulai menggarap proyek MRT fase tiga dengan rute Cikarang-Balaraja tanpa melibatkan dana pemerintah.


Reporter: Lydia Tesaloni | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT MRT Jakarta (Persoda) tengah berupaya untuk mulai menggarap proyek MRT fase tiga dengan rute Cikarang-Balaraja, Tangerang Selatan, tanpa melibatkan dana pemerintah. 

Direktur Pengembangan Bisnis MRT Farchad Mahfud menyebut, saat ini pihaknya sudah berupaya untuk mulai menyusun strategi pembangunan baru terhadap jalur yang sebelumnya sudah dikaji oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian di area Tangerang Selatan.

Untuk proyek ini, Farchad bilang MRT Jakarta juga ingin menjajaki jalur pembiayaan baru. “Kami aspirasinya ingin mulai studi atau penjajakan pengembangan jalur dengan pembiayaan tanpa melibatkan pendanaan dari pemerintah,” katanya dalam Forum Jurnalis MRT, Kamis (10/7). 

Baca Juga: Pengamat Soroti Ketimpangan Subsidi: Bus AKAP Minim Perhatian Pemerintah

Pun jika pembiayaan tanpa melibatkan dana pemerintah terlalu mustahil, Farchad bilang paling tidak proyek ini akan menggunakan skema KPBU, mengingat proyek ini melibatkan area provinsi yang berbeda. 

Di kesempatan yang sama, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Persoda) Weni Maulina menyebut pendanaan untuk fase tiga ini bakal bersumber dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Loan, sama seperti pembangunan MRT Fase 2 yang saat ini sudah berlangsung.

“Fase 3 dari JICA Loan, nanti ada co-financing juga mungkin. Tapi kita itu kan pinjaman luar negeri, jadi selalu ada porsi APBD dan APBN untuk pengembalian,” kata Weni kepada Kontan. 

Saat ini, Farchad bilang lokasi Tangerang Selatan memiliki kapasitas fiskal dan karakter sosial yang berbeda. “Ini yang ingin kita jajaki dalam waktu dekat. Mudah-mudahan bisa kita mulai studinya segera,” kata Farchad.

Farchad bilang rencananya dalam waktu dekat pihaknya akan mengumumkan rincian proyek ini. Namun secara keseluruhan, ia memastikan komunikasi sudah berjalan antara Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Tangerang Selatan. 

Baca Juga: Dipecat Putin, Menteri Transportasi Rusia Diduga Bunuh Diri

Selanjutnya: Komisi V Setujui Usulan Tambahan Anggaran Seluruh Kementerian Mitra Kerja di 2026

Menarik Dibaca: Mulai Hari Ini Pemesanan Tiket Kereta KAI Bisa Lebih Dekat dengan Waktu Keberangkatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[Intensive Workshop] AI-Driven Financial Analysis Executive Finance Mastery

[X]
×