kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mulai tengah tahun ini, TMMIN kembali pasok kebutuhan pasar domestik


Selasa, 14 Juli 2020 / 16:42 WIB
Mulai tengah tahun ini, TMMIN kembali pasok kebutuhan pasar domestik
ILUSTRASI. Pabrik mobil Toyota Motor Manufacturing Indonesia TMMIN


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bakal kembali melakukan kegiatan produksi untuk memenuhi kebutuhan mobil domestik pada pertengahan bulan Juli ini. Dengan demikian, mobil Toyota yang diproduksi oleh TMMIN pada bulan ini tidak hanya menyasar pasar ekspor semata.

Sedikit kilas balik, TMMIN baru mulai kembali melakukan kegiatan produksinya pada 5 Juni 2020 setelah sebelumnya sempat menghentikan kegiatan produksi untuk sementara. Kala itu, TMMIN hanya berproduksi dengan utilisasi sebesar 30% dari total kapasitas produksi terpasang. Semua hasil produksinya ditujukan untuk pasar ekspor semata kala itu.

Baca Juga: Resmi! Kemenhub merilis aturan uji tipe untuk kendaraan listrik

Kendati demikian, meski sudah mulai kembali berproduksi untuk pasar domestik, kegiatan produksi TMMIN belum akan dijalankan dengan kapasitas penuh. Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam  mengatakan, dari total kapasitas produksi terpasang sebesar 1.000 unit mobil per hari, TMMIN baru akan melakukan kegiatan produksi dengan tingkat utilisasi sebesar 50%.

“Masih sesuai anjuran pemerintah, (utilisasi) 50%,” kata Bob kepada Kontan.co.id, Selasa (14/7).

Keputusan untuk kembali memenuhi pasar domestik sejalan dengan performa penjualan Toyota di pasar otomotif domestik yang membaik. Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi menyebutkan, angka penjualan Toyota di pasar domestik sudah mulai membaik memasuki bulan keenam tahun ini.

Catatan Anton, angka penjualan ritel Toyota di bulan Juni menembus angka 11.000 unit. Angka tersebut relatif lebih besar bila dibandingkan dengan angka penjualan ritel di bulan April yang hanya mencapai 8.443 unit dan angka penjualan ritel Toyota di bulan Mei yang hanya mencapai 6.727 unit.

Baca Juga: Toyota Motor Corp mulai aktifkan pabrik mobil, dimulai dari sini

Anton bilang, kenaikan penjualan di pasar domestik tidak terlepas dari pembukaan kembali aktivitas perekonomian di era new normal. “Termasuk dealer showroom yang jadinya buka semua 100% dengan protokol (pencegahan) covid-19,” tambah Anton saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (14/7).




TERBARU

[X]
×