kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Naik Teman Bus Tak Lagi Gratis Mulai 31 Oktober 2022


Rabu, 19 Oktober 2022 / 20:10 WIB
Naik Teman Bus Tak Lagi Gratis Mulai 31 Oktober 2022
ILUSTRASI. Pengemudi mengoperasikan bus Batik Solo Trans (BST) saat peresmian layanan Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman (Teman) Bus di kawasan Balai Kota Solo, Jawa Tengah,


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mulai menerapkan tarif pada layanan Buy The Service atau Teman Bus di 10 kota mulai 31 Oktober 2022.

Rincian tarif yang berlaku akan berbeda di setiap kota. Untuk harga tiket Teman Bus di Palembang dikenakan Rp 4.000, lalu di Solo Rp 3.700, Denpasar Rp 4.400, Yogyakarta Rp 3.600, Medan Rp 4.300, Bandung Rp4.900, Surabaya Rp 6.200, Banjarmasin Rp 4.300, Makassar Rp 4.600 , dan Banyumas Rp 3.900.

Tarif ini akan dikenakan kepada penumpang per satu kali naik Teman Bus sehingga jika dalam perjalanan penumpang perlu berpindah koridor atau rute, maka penumpang akan terkena tarif lagi.

Baca Juga: Biaya Transportasi Anak Sekolah yang Wajib Anda Alokasikan Secara Khusus

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno, menjelaskan, penentuan tarif ini telah diperhitungkan dengan seksama berdasarkan demand dan supply.

"Adanya perbedaan di setiap kota dikarenakan perhitungan tarif menyesuaikan biaya yang akan dikeluarkan dengan jumlah ritase, jarak tempuh serta kemampuan pendapatan masyarakat dan faktor volatil lainnya.” kata Hendro dalam keterangan resminya, Rabu (19/10).

Penentuan tarif ini akan terus dievaluasi setiap tahunnya sehingga Teman Bus tetap dapat menjadi layanan yang tak hanya aman dan nyaman tapi juga terjangkau. Metode pembayaran Teman Bus pun tetap memberlakukan cashless payment menggunakan kartu non tunai.

 Ada pun kartu non tunai yang dapat digunakan, yaitu E-money dari Bank Mandiri, Brizzi dari Bank BRI, Tap Cash dari Bank BNI, dan Flazz Bank BCA, penumpang bisa mendapatkan kartu non tunai di bank-bank tersebut ataupun di minimarket.

Cara pembayaran tarif Teman Bus pun masih sama seperti ketika masih gratis, dimana penumpang cukup tempelkan kartu di perangkat Tap on Bus (ToB) yang ada di dalam armada Teman Bus.

“Diharapkan pemberlakuan tarif ini dapat memberikan stimulus terhadap pelayanan angkutan umum massal di kota masing-masing untuk meningkatkan kualitasnya sehingga tercipta iklim persaingan yang sehat,” tutup Hendro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×