Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. Industri jasa pengiriman barang bakal semakin riuh. Meski baru muncul setahun belakangan, PT Nusa Prima Ekspess atawa NEX Logistics sepertinya tak takut bersaing dengan kompetitor yang sudah lebih dahulu menggarap bisnis jasa pengiriman barang.
NEX Logistics berencana menghadirkan gerai di Jakarta dan lima kota besar lain. "Kami akan mendirikan 50 gerai NEX Logistics hingga akhir tahun 2015," kata Noni Purnomo, Presiden Direktur PT Nusa Prima Ekspess, Sabtu (11/7).
Untuk mewujudkan mimpi itu, NEX Logistics akan menggandeng PT Modern Sevel Indonesia, pemilik jaringan waralaba convenience store 7-Eleven dan gerai Fujifilm Indonesia. NEX Logistics juga akan bermitra dengan PT Global Digital Niaga, pengelola situs belanja Blibli.com.
Jadi skema pendirian gerai tersebut ada dua macam. Pertama, gerai yang berdiri sendiri. Kedua, gerai yang berdampingan dengan gerai 7-Eleven atau Fujifilm Indonesia. NEX Logistics dapat memanfaatkan 205 gerai 7-Eleven di Jakarta dan 1.000 gerai Fujifilm Indonesia di beberapa kota di tanah air.
Fernicco Kusumo, Director Chief Operations Officer PT Nusa Prima Ekspess menambahkan, NEX Logistics merogoh kocek Rp 50 juta - Rp 100 juta untuk membuka satu gerai. Dengan begitu, total anggaran mendirikan 50 gerai adalah Rp 2,5 miliar sampai Rp 5 miliar.
Berbekal jaringan gerai di berbagai lokasi nanti, NEX Logistics berharap bisa menjangkau banyak konsumen. Lebih jauh, perusahaan itu mengincar pertumbuhan transaksi pengiriman barang 10% di tahun ini, dari rata-rata volume pengiriman barang 15.000 per bulan.
Tak berhenti di tahun ini, NEX Logistics juga mencanangkan rencana ekspansi di tahun depan. Perusahaan itu berhasrat memiliki 150 gerai hingga akhir 2016. Selain itu, NEX Logistics juga berencana membuka lima kantor cabang di lima kota.
Hasrat kepemilikan 150 gerai di tahun depan itu adalah bagian dari strategi NEX Logistics mengejar target pertumbuhan transaksi pengiriman barang 30% per tahun. "Idealnya, kami mengincar pertumbuhan sebesar 50%," ujar Fernicco.
NEX Logistics mengklaim telah bekerjasama dengan 30-40 perusahaan e-commerce. Dua dari puluhan perusahaan penyedia lapak e-commerce yang sudah mereka gandeng adalah Blibli.com dan Lazada.com.
Adapun komposisi transaksi pengiriman barang NEX Logistics adalah 70% pengiriman barang dari transaksi e-commerce dan 30% pengiriman barang konsumen perorangan. Ke depan, perusahaan itu ingin sebaliknya; 70% transaksi barang konsumen perorangan dan 30% transaksi dari pengiriman e-commerce.
Asal tahu saja, NEX Logistics hadir 30 April 2014. Perusahaan itu punya 45 kurir.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News