kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.923.000   8.000   0,42%
  • USD/IDR 16.337   -94,00   -0,57%
  • IDX 7.177   34,85   0,49%
  • KOMPAS100 1.046   5,45   0,52%
  • LQ45 816   3,75   0,46%
  • ISSI 225   1,39   0,62%
  • IDX30 427   2,68   0,63%
  • IDXHIDIV20 506   2,81   0,56%
  • IDX80 118   0,60   0,51%
  • IDXV30 120   1,12   0,94%
  • IDXQ30 140   0,65   0,47%

Ombudsman dukung penelusuran motif pidana impor bawang bombai


Jumat, 15 Juni 2018 / 09:00 WIB
Ombudsman dukung penelusuran motif pidana impor bawang bombai


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Ombudsman menilai, pelibatan satgas pangan, termasuk Kepolisian diperlukan, guna menelurusi motif pidana dari importir bawang bombay mini yang dijual selayaknya bawang merah di pasaran. Hal itu dapat dilihat dari pelanggaran sisi impor dan sisi pendistribusian.

Anggota Komisioner Ombudsman RI Dadan Suparjo Suharmawijaya berpandangan, pelibatan satgas pangan, termasuk Kepolisian amat diperlukan. Sebab, ada pelanggaran yang dilakukan pengimpor dari dua sisi, yakni sisi impor dan dari sisi pendistribusian.

Menurutnya, sangat besar potensi importir melakukan tindak pidana penipuan, jika menjual bawang tersebut ke pasaran dengan spesifikasi yang tidak sesuai surat izin impornya. Terlebih, pada momen Lebaran konsumsi bawang kian besar, sehingga ini tidak sekadar kesalahan administrasi, melainkan penyalahgunaan wewenang.

“Kalau ada kesengajaan, unsur penipuan, bisa masuk pidana itu. Berarti kan dia mengakal-akali nih. Ya sudah, tinggal dilakukan pemeriksaan saja,” jelas Dadan dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis 14 Juni 2018.

Sebelumnya, tim penyidik Kementerian Perdagangan telah menyita 670 ton bawang bombai yang tidak sesuai ukuran yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian. Ada tiga perusahaan yang terlibat dalam kasus ini, yakni CV SMM, LH, dan AL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×