kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

OT Group ditopang bisnis makanan & minuman


Kamis, 21 September 2017 / 15:28 WIB

OT Group ditopang bisnis makanan & minuman

KONTAN.CO.ID - OT Group masih mengandalkan bisnis makanan dan minuman untuk mencapai pertumbuhan. Kontribusi produk makanan dan minuman cukup besar bagi grup. Sebagai contoh, Tango berkontribusi 20%-30% terhadap pendapatan grup.

Harianus I Zebua, Head of Corporate and Marketing Communications OT Group mengatakan bahwa saat ini pihaknya memiliki dua produk yang merupakan market leader di industri, yakni Tango dan Teh Gelas. Tango menguasai pangsa pasar untuk produk wafer. Sedangkan Teh Gelas menguasai pasar untuk produk minuman teh kemasan gelas.


"OT Group secara lini bisnis banyak, tapi memang kami fokus di fast moving consumer goods (FMCG) dan akan mengembangkan itu, fokusnya itu masih berbasis produk dan berusaha menjadi yang pertama atau inovator," kata Harianus kepada KONTAN, Rabu (20/9).

Selain bisnis makanan dan minuman, OT Group juga memiliki bisnis lain seperti personal care dan ritel dengan berbagai format. Hanya saja, kontribusi bisnis ini tidak sebesar dari makanan dan minuman. 

Harianus mengatakan, porsi makanan dan minuman ini hampir sama. “Minuman lebih tinggi sedikit, tapi hampir sama lah kontribusinya,” lanjutnya.

Tahun ini di sektor makanan OT Group baru saja mengenalkan produk So Tango. Tahun lalu, OT Group juga mengenalkan produk minuman Crystaline yang terdiri dari minuman gelas 240 ml dan botol 600 ml.

OT Group mengandalkan inovasi di tengah persaingan industri yang sengit. Harianus mengatakan, setidaknya setiap tahun harus mengenalkan produk baru untuk bisa meningkatkan penjualan. “Tahun ini ada So Tango, tahun lalu Crystaline. Tango secara produk itu nomer satu kontribusi terbesar dari snack and food. Fullo juga bagus pasarnya tetapi belum sebesar Tango. Tapi itu salah satu merek yang akan kami kembangkan juga,” lanjutnya.

Bisnis makanan OT Group memiliki merek Tango, Fullo, Oops, Klop, Canon Ball, Kaya King, permen Mintz, permen Blaster, Kurang Asem, dan Station Rasa. Sedangkan di bisnis minuman ada merk Teh Gelas, Vita Jelly Drink, Vita Pudding, Crystalline, Liang Cha, dan Kiranti. Untuk bisnis personal care, OT Group memiliki merk seperti Formula, Abcdent, Hq7, dan Rave.


Reporter: Andy Dwijayanto
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan


×