kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pabrikan Motor India Mantapkan Pasar di Indonesia


Kamis, 04 Desember 2008 / 16:49 WIB
Pabrikan Motor India Mantapkan Pasar di Indonesia


Reporter: Nurmayanti | Editor: Didi Rhoseno Ardi

JAKARTA. Persaingan di industri motor nasional tahun depan bakal ketat. Sebab, produsen asal China dan India yang selama ini belum mempunyai skala produksi besar di Indonesia mulai agresif. Bajaj, produsen asal India berencana membangun pabrik perakitan untuk menaikan kapasitas produksinya menjadi 100.000 unit per tahun di 2009. Nilai investasi yang mereka tanamkan sekitar US$ 60 Juta.

Rencananya, pembangunan pabrik perakitan itu mulai berproduksi pada semester pertama 2009. Sementara jenis motornya masih mereka pertimbangkan hingga kini. "Kita melihat bahwa pasar untuk sepeda motor sport masih sangat bagus. Kita masih optimistis karena kita main di niche market atau pasar khusus," ujar General Sales Manager Bajaj, Lim Sam Hong, Kamis (4/12).

Bajaj selama ini memasukan produknya dalam bentuk utuh atau yang dikenal Completely Built Up (CBU). Jumlahnya pun masih di bawah 100.000 unit. Nah, dengan melihat potensi pasar yang masih terbuka lebar, Bajaj berkeinginan mendirikan pabrik perakitan. Artinya, ke depan produk motor Bajaj masuk dalam bentuk terurai atau Completely Knock Down (CKD). Selanjutnya, motor itu dirakit di pabriknya yang baru.

Tak hanya pabrik, mereka pun bakal memperluas jaringan pemasarannya. Harapannya, produk bajaj makin dikenal masyarakat Indonesia Keberanian Bajaj merambah pasar motor di Indonesia dengan alasan prospeknya masih besar. Khususnya, untuk segmen yang mereka sasar yakni jenis sporty dengan segmen anak muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×