kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakar penerbangan Untar: Jaminan keselamatan mutlak didapatkan penumpang saat terbang


Senin, 25 Januari 2021 / 12:59 WIB
Pakar penerbangan Untar: Jaminan keselamatan mutlak didapatkan penumpang saat terbang
ILUSTRASI. Calon penumpang berjalan untuk lapor diri sebelum naik pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta,


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perawatan armada yang optimal menjadi salah satu komponen yang harus dilakukan oleh operator maskapai, karenanya jaminan keselamatan mutlak didapatkan oleh penumpang saat mereka membeli tiket pesawat.

Dekan & Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara yang juga pakar penerbangan, Prof. Dr. Ahmad Sudiro mengatakan bahwa seluruh biaya operasional yang ada pada maskapai itu pada akhirnya dibebankan pada konsumen.

Pasalnya  tarif yang ditetapkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini ada prhitungan biaya per kilometernya dan termasuk di dalamnya ada biaya maintenance untuk armada yang digunakan.

"Dengan perhitungan itu dapat dikatakan bahwa dalam harga tiket tersebut maka penumpang juga membeli rasa aman dan nyaman selama penerbangan. Dan dapat saya katakan kalau safety itu memerlukan biaya yang tidak murah, terlebih lagi dengan tarif full service selain dengan memberikan pelayanan yang terbaik maka faktor keselamatan akan lebih utamakan," kata Ahmad dalam siaran pers, Senin (25/1).

Baca Juga: Berikut daftar nama 47 korban Sriwijaya Air SJ-182 yang berhasil teridentifikasi

Untuk ini dirinya meyakini bahwa pihak maskapai yang mengenakan tarif full service kepada calon penumpangnya akan sungguh-sungguh memberikan rasa aman.

Hal itu dilakukan dengan perawatan armada yang optimal, pengecekan secara berkala dan juga mempercayakan pengoperasian pesawat kepada pilot-pilot yang andal.

Ahmad meyakini bahwa maskapai di Tanah Air yang memiliki performa maintenance terbaik masih ada di maskapai Garuda Indonesia. Dengan tarif yang sedikit lebih mahal dari maskapai lain, flight career negara kita dipastikan memiliki perawatan yang lebih baik untuk operasional armadanya.

"Terlebih lagi Garuda Indonesia Group memiliki anak usaha yang fokus pada perawatan pesawat yang sudah kelas dunia yaitu Garuda Maintenance Facility Aero Asia atau yang biasa kita kenal GMF. Karena itu kita harapkan Garuda Indonesia terus memperhatikan pelayanannya sehingga bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penggunanya dan tentunya tetap menerapkan zero tolerance untuk masalah perawatan armadanya," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia, I Wayan Susena menjelaskan bahwa dalam masa Pandemi Covid-19 tidak membuat pihaknya tidak memperhatikan jadwal pemeliharaan armada Garuda Indonesia Group dan juga beberapa maskapai yang bekerjasama dengan GMF untuk perawatan pesawat.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×