kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pandemi covid-19 menghambat laju pertumbuhan sektor manufaktur sepanjang tahun ini


Kamis, 17 September 2020 / 18:18 WIB
Pandemi covid-19 menghambat laju pertumbuhan sektor manufaktur sepanjang tahun ini
ILUSTRASI. Aktivitas industri makanan dan minuman dalam kemasan.


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 yang kunjung tak tertangani dengan baik akan mempengaruhi kinerja sektor manufaktur. Beberapa sektor industri diperkirakan akan memperoleh pertumbuhan negatif tahun ini.

Industri tekstil misalnya, diperkirakan sampai akhir tahun nanti pertumbuhannya sekitar minus 1%. "Kami juga tidak terlalu yakin dengan momen natal dan tahun baru bisa mengangkat pertumbuhan," terang Rizal Rakhman, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) kepada Kontan.co.id, Kamis (17/9).

Sebab saat ini daya beli masyarakat masih belum menguat, apalagi pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) turut menghambat penjualan produk di tingkat ritel. Lantaran permintaan yang menyusut maka produksi pabrikan akan berkurang.

Saat ini saja untuk industri hulu yakni bahan baku tekstil rata-rata utilisasi nasional baru mencapai 40%, sementara untuk industri tengah yang memproduksi kain rajut sekitar 60%. Padahal saat masa normal, kata Rizal, utilisasi bisa mencapai 80%-90%.

Sedangkan industri hilir tekstil berupa garmen rata-rata utilisasi sudah mencapai 80%. Kenaikan tersebut dibantu oleh permintaan masker dan Alat Pelindung Diri (APD) serta peluang menembus kebutuhan pasar ekspor.

Kondisi yang sama juga dialami industri makanan dan minuman (mamin), dimana penurunan permintaan menyebabkan produksi menyesuaikan permintaan pasar. Alhasip pabrikan mamin turut mengencangkan ikat pinggang dengan melakukan efisiensi dari segala lini lantaran penjualan yang kurang memuaskan.

Baca Juga: Kemenperin memperkuat industri bahan baku obat

Namun Adhi Lukman, Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) mengatakan pihaknya masih optimistis tahun ini industri mamin memperoleh pertumbuhan setidaknya 2%-3% dibandingkan tahun lalu.

Potensi yang ada datang dari stimulus pemerintah kepada masyarakat dengan pemberian bantuan langsung tunai, insentif pekerja dan bantuan lainnya. Diharapkan program bantuan sosial pemerintah dapat mendorong daya beli masyarakat yang pada akhirnya menguatkan serapan produk mamin di pasar ritel.

Terkait pembatasan sosial, saat PSBB pertama yakni di periode April penjualan mamin ditingkat ritel diakui Gapmmi anjlok. "Juni saat PSBB transisi sudah mulai membaik, tapi kalau diperketat lagi seperti sekarang tentu kemungkinan ada penurunan," urainya kepada KONTAN, Rabu (16/9).

Adapun PSBB kali ini diperkirakan penurunannya diperkirakan tidak setajam PSBB tahap pertama, yang mana saatbitu tidak hanya DKI Jakarta saja yang melakukan namun diikuti oleh berbagai provinsi. Masalahnya ibukota Indonesia ini diperkirakan Adhi menyumbang hampir 40% penjualan mamin ritel nasional tiap tahunnya, jadi pemberlakukan PSBB di Jakarta sangat signifikan bagi kinerja industri ini.

"Untuk itulah kami berharap tidak diperpanjang lagi PSBB ini," sebut Adhi. Jika waktu PSBB lebih dari dua minggu tidak menutup kemungkinan pasar mamin semakin turun, hanya saja Gapmmi belum dapat memproyeksikan kondisi tersebut.




TERBARU

[X]
×