kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pangkas Ratusan Karyawan, OLX Berencana Ubah Model Bisnis


Selasa, 31 Januari 2023 / 07:15 WIB
Pangkas Ratusan Karyawan, OLX Berencana Ubah Model Bisnis


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Situs jual beli secara online OLX mengumumkan adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada ratusan karyawannya baru-baru ini. PHK ini terjadi akibat dampak perubahan kondisi ekonomi secara global.

Dilansir dari DealStreetAsia pada Senin (30/1), OLX Group sedang merampingkan bisnisnya di Indonesia, termasuk pemangkasan jumlah karyawan, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Terdapat sekitar 300 karyawan dari total 1.000 karyawan yang dikenakan PHK oleh OLX Indonesia. Perusahaan tersebut juga berencana mengubah model bisnis penjualan mobil dari yang saat ini business to consument (B2C) menjadi consument to business (C2B) dan business to business (B2B).

Baca Juga: JD.ID Umumkan Tutup Semua Layanan Per 31 Maret 2023, Begini Kata Manajemen

Dihubungi terpisah, Sandy Maulana, Marketing Director OLX Autos Indonesia membenarkan kabar yang berhembus dari DealStreetAsia tersebut. Ia memastikan secara keseluruhan OLX telah mengurangi jumlah karyawan sebesar 10% yang berdampak pada staf di seluruh negara, unit bisnis, dan fungsi pekerjaan.

Sebagai sebuah bisnis, OLX akan fokus pada layanan inti yakni untuk memuaskan pelanggan melalui layanan di pasar mobil bekas. “Maka dari itu, kami pastikan bahwa perubahan ini tidak akan mengurangi layanan OLX di Indonesia,” ujar dia, Senin (30/1).

OLX Autos Indonesia mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi struktur biaya sehubungan dengan perubahan kondisi ekonomi makro. Meski tidak diurai secara rinci, OLX diklaim telah melakukan berbagai cara untuk mengatasi tantangan ekonomi tersebut.

Baca Juga: Tren Perilaku Belanja Online Tahun Ini, Penting buat Pelaku Usaha

“Sayangnya, kini kami dengan sangat terpaksa harus melakukan langkah terakhir, yaitu mengurangi jumlah posisi di seluruh bisnis kami,” imbuh Sandy.

OLX Autos Indonesia juga mengumumkan berakhirnya kerja sama dengan para kontributornya. Secara umum, OLX Group memberikan jaminan untuk memperlakukan karyawan yang terdampak PHK dengan adil, layak, dan terhormat.

Tak ketinggalan, OLX Autos Indonesia memastikan bahwa penerapan kebijakan PHK ini sejalan dengan komitmen untuk memperkuat bisnis yang berkelanjutan pada masa yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×