kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar elektronik bisa terdongkrak efek Lebaran


Senin, 02 Juli 2012 / 22:05 WIB
Pasar elektronik bisa terdongkrak efek Lebaran
ILUSTRASI. Cara mengatasi kulit kering bisa Anda lakukan dengan alpukat dan bahan alami yang lain.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Jelang Lebaran, Agustus nanti, permintaan produk elektroni diprediksi bakal terdongkrak. Perusahaan elektronik sudah bersiap diri menangguk untung dari hajatan satu tahun sekali ini.

Misalnya PT Hartono Istana Teknologi. Produsen elektronik Polytron ini memproyeksikan peningkatan penjualan produk elektroniknya bakal bertambah 10% ketimbang hari biasa. "Kami perkirakan penjualan bakal lebih tinggi ketimbang hari biasa," kata Santo Kadarusman, Public Relation Manager PT Hartono Istana Teknologi kepada KONTAN, kemarin.

Peningkatan penjualan Polytron diprediksi akan mulai terjadi Juli ini. Tren peningkatan penjualan diproyeksikan terus terjadi hingga September nanti.

Pada periode Lebaran ini, produk elektronik yang menjadi incaran konsumen adalah jenis perangkat rumah tangga (home appliances) seperti kulkas, mesin cuci serta penanak nasi (rice cooker).

Anak usaha Grup Djarum ini pun yakin mampu meningkatkan penjualan produk home appliances Polytron sebesar 20% tahun ini dibanding tahun lalu.

Selain produk rumah tangga, Polytron juga berharap dari penjualan televisi. Tekno Wibowo Marketing Director PT Hartono Istana Teknologi menargetkan penjualan televisi Polytron bakal tumbuh 10% tahun ini dari hasil penjualan tahun lalu. Namun, Tekno tidak bersedia menyebut angka penjualan. Yang pasti Polytron menargetkan bisa menggenggam pangsa pasar televisi nasional sebesar 25% tahun ini. Tahun lalu, Polytron sudah menguasai 20% pasar televisi domestik.

Bakal tumbuh 20%

Supaya target tercapai, Tekno berencana bakal meluncurkan beberapa produk Polytron terbaru baik itu jenis home aplliances serta televisi. Selain itu, Polytron juga bakal menambah lima outlet purna jual tahun ini. Setidaknya butuh modal Rp 150 juta untuk membangun satu outlet. Pembangunan outlet ini bakal dimulai di semester kedua ini.

Saat ini, Polytron sudah mempunyai 50 outlet penjualan yang tersebar di 48 kota di Indonesia.

Haryono Simon, General Manager PT Electrolux Indonesia mengatakan bakal mengandalkan produk mesin cuci dan lemari es untuk mendongkrak penjualan Electrolux dalam menyambut Lebaran tahun ini. "Biasanya yang banyak dicari untuk Lebaran adalah mesin cuci dan kulkas," katanya.

Berdasarkan pengalaman Electrolux, penjualan produk rumah tangga asal Swedia ini saat Idul Fitri juga bakal naik hingga lebih dari 10%. Namun khusus tahun ini, dia mengatakan perusahaan belum menyiapkan strategi khusus untuk mengantisipasi kenaikkan permintaan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×