kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar mobil meningkat di Oktober, APM optimistis tren penjualan naik tiap bulan


Selasa, 17 November 2020 / 19:18 WIB
Pasar mobil meningkat di Oktober, APM optimistis tren penjualan naik tiap bulan
ILUSTRASI. Produk dari Toyota Astra Motor


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar mobil nasional kian menggeliat di setiap bulannya. Walau demikian, pasar di tahun ini diprediksi masih belum dapat menyamai perolehan seperti di tahun sebelum pandemi, oleh karena itu para Agen Pemegang Merek (APM) berkonsentrasi dalam menjaga perolehan pangsa pasar masing-masing.

Seperti volume penjualan mobil Toyota, menurut Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM), APM tersebut masih mampu memperlihatkan pertumbuhan setiap bulannya. Berkaca pada laporan penjualan mobil grup Astra disebutkan selama bulan Oktober penjualan wholesales brand mobil tersebut mencapai 16.419 unit atau naik sekitar 24% dibandingkan bulan September tahun yang sama.

"Sedangkan dari sisi ritel, penjualan Toyota dari bulan ke bulan secara volume menunjukkan kenaikan," ujarnya kepada Kontan.co.id, Selasa (17/11). Untuk penjualan ritel, di bulan Oktober tahun ini Toyota membukukan 13.466 unit, naik 7,5% dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca Juga: Terdampak pandemi, pabrikan mobil belum melakukan pengurangan karyawan

Sehingga secara total periode Januari-Oktober, total penjualan ritel Toyota 141.542 unit dengan market share 31,2%. APM ini memilih untuk tetap mempertahankan pangsa pasar sebagai pemimpin pangsa pasar nasional.

Sementara itu dari segi wilayah penjualan, pasar Jakarta cenderung stabil sementara pasar luar Jawa mengalami tren kenaikan positif di bulan Oktober kemarin. Menurut Henry, stagnasi pasar di Jakarta kemungkinan disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya terbatasnya ruang gerak akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Adapun volume penjualan ritel mobil Toyota di bulan Oktober, kata Henry, berkisar 3900 unit atau relatif stabil dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara untuk di pasar luar Jawa bagi Toyota, yakni area Bali, NTT, dan Kalimantan, kenaikannya cukup positif.

"Di bulan Oktober tahun ini ritel area tersebut meningkat sekitar 19,3% menjadi 1.294 unit dibandingkan bulan September," urai Henry. Sementara untuk wilayah Sulawesi dan Indonesia Timur meningkat 18,3% menjadi 1.444 unit di bulan Oktober.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×