kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar Televisi Pintar Semakin Membesar


Rabu, 30 Oktober 2013 / 07:15 WIB
Pasar Televisi Pintar Semakin Membesar
ILUSTRASI. Beda Nasib, Cek Harga Saham BBRI & BBCA di Perdagangan Bursa Selasa (21/6). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Herlina Kartika Dewi

JAKARTA. Pasar televisi (TV) ultra high definition (UHD) yang merupakan jenis televisi pintar (smart TV) semakin marak. Bahkan, salah satu penguasa pangsa pasar televisi di Indonesia yakni PT Samsung Electronics Indonesia merambah pasar TV ini.

Direktur Konsumer Elektronik PT Samsung Electronics Indonesia Bernard Ang bilang, pengguna televisi berteknologi tinggi di Indonesia kian meningkat. Berdasarkan data dari lembaga riset GfK pada September 2013 pasar TV panel besar di atas 60 inci tercatat tumbuh 81% ketimbang periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, "Peningkatan pasar TV panel besar Samsung bisa mencapai 200%," ujarnya, Selasa (29/10).

Sedangkan pasar TV pintar Samsung, kata Bernard, pada periode September 2013 mampu tumbuh 102,16% ketimbang periode yang sama tahun lalu. Untuk melengkapi varian produk di pasar televisi panel besar segmen premium berteknologi UHD, kali ini Samsung meluncurkan TV UHD 55 inci dan 65 inci. Televisi premium ini dibanderol seharga Rp 65 juta dan Rp 90 juta.

Head TV Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Wisnu Dharmawan bilang, saat ini, pasar segmen TV UHD masih kecil. Lagipula, saat ini baru dua pemain yang meramaikan segmen pasar TV UHD. Namun, ia yakin ke depan pasar TV UHD bakal terus berkembang. Makanya, "Kami mempersiapkan ini untuk kemajuan teknologi," ujar Wisnu.

Catatan saja, saat ini, pasar televisi di Indonesia masih didominasi oleh pasar LED/LCD. Tapi, Wisnu bilang, Samsung kini mulai serius menggarap pasar TV segmen premium lantaran pasar segmen ini akan terus berkembang seiring meningkatnya kelas menengah di Indonesia. Makanya, "Kami fokus di smart TV dan TV premium," ujarnya. Porsi penjualan smart TV saat ini sekitar 15% dari total pasar TV. Sedangkan TV dengan ukuran di atas 46  inci sekitar 18%.

Sebelumnya, PT Changhong Electric Indonesia juga meluncurkan televisi pintar untuk merebut pasar elektronik di Indonesia. Chief Executive Officer (CEO) PT Changhong Electric Indonesia, Ethan Wu bilang, kondisi pasar di Indonesia cukup potensial untuk menyerap produk televisi pintar.

Belum lama ini, Changhong juga meluncurkan smart TV 4K UHD UD85 C9000i yang dibanderol Rp 299 juta per unit. "Televisi kini tidak hanya sebagai alat hiburan visual, tetapi juga mampu memberikan berbagai fitur," kata Ethan Wu beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×