kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45796,59   20,69   2.67%
  • EMAS934.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Pekerja Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di-screening antisipasi virus corona


Senin, 27 Januari 2020 / 06:52 WIB
Pekerja Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di-screening antisipasi virus corona
ILUSTRASI. Pekerja melintas di dalam Tunnel Walini saat pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019). Pembangunan Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) mencapai babak baru setelah Tunnel Walini di J

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Cepat Indonesia China ( KCIC) menerapkan prosedur screening berupa pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh pekerja dan karyawan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Prosedur screening ini diberlakukan sejak awal terjadinya virus corona di Wuhan, China, pada 2019 lalu. Tak hanya pekerja, prosedur serupa juga berlaku untuk seluruh kontraktor, dan vendor yang terlibat dalam pembangunan KCJB.

Baca Juga: Virus corona: 100 anak-anak Australia terjebak di Wuhan

Direktur Human Resources LA & Asset PT KCIC Puspita Anggraeni menegaskan, prosedur screening dilakukan guna memastikan kesehatan dan keselamatanan kerja di sekitar lingkungan proyek KCJB.

"Pemeriksaan kesehatan dilakukan terhadap karyawan KCIC dan seluruh kontraktor KCJB yang baru tiba dari perjalanan (bahkan transit) dari luar negeri, keluarga serta tamu yang mengunjungi proyek KCJB," tutur Puspita dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (26/1).

Puspita menambahkan, mereka juga diwajibkan untuk melaporkan kondisi terbaru (update) kesehatannya secara berkala kepada manajemen. Upaya ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan masuknya virus berbahaya tersebut ke lingkungan kerja KCJB.

Dalam melaksanakan pemeriksaan kesehatan ini, KCIC bekerja sama dengan beberapa rumah sakit yang ada di Jakarta dan Bandung dengan pola standar yang diberlakukan untuk menangani penyakit menular.

Baca Juga: Virus corona: 5 juta warga tinggalkan Wuhan, diramal bakal ada 1.000 kasus baru

Selain itu, Puspita melanjutkan, KCIC melakukan langkah antisipatif seperti mewajibkan setiap karyawan untuk menggunakan masker di lingkungan kerja KCJB serta tindakan-tindakan pencegahan lainnya sesuai dengan himbauan Kementerian Kesehatan.

Saat ini, Manajemen KCIC bekerja sama dengan seluruh kontraktor yang terlibat dalam proyek KCJB terus melakukan monitoring seluruh pekerja. (Hilda B Alexander)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Virus Corona, Pekerja Kereta Cepat Indonesia-China Di-"Screening"",

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×