kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo I rampungkan modernisasi pelabuhan Tanjung Balai Asahan


Rabu, 20 Februari 2019 / 09:51 WIB
Pelindo I rampungkan modernisasi pelabuhan Tanjung Balai Asahan


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan melakukan modernisasi penataan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Balai Asahan.

Aulia Rahman Hasibuan, General Manager Pelabuhan Tanjung Balai Asahan mengatakan, pembangunan yang berjalan sejak tahun 2017 lalu saat ini sudah selesai 100%.

“Selesainya penataan Terminal Penumpang Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan ini adalah wujud komitmen perseroan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah di Indonesia dan pasca modernisasi ini diharapkan kenyamanan pengguna jasa transportasi laut akan semakin meningkat," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (20/2).

Menurut Aulia, terminal penumpang ini memiliki bangunan dua lantai dengan luas total 1.480,5 m2 di mana lantai satu seluas 790,82 m2 dan lantai dua dengan luas 689,68 m2.

Dari dua lantai tersebut mampu menampung sekitar 800 orang di mana fungsional lantai satu digunakan untuk area check in, bea cukai, imigrasi untuk kedatangan, ruang VIP, dan ruang karantina serta lantai dua ada ruangan imigrasi untuk keberangkatan, ruang tunggu penumpang, dan coffee shop.

Tidak hanya itu, nantinya di pelabuhan ini juga akan dilengkapi dengan Teluk Nibung Food Court yang akan menyediakan berbagai menu makanan yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Sementara terkait arus penumpang sepanjang tahun 2018 lalu sebanyak 56.421 orang naik turun melalui Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dengan tujuan Port Klang dan Port Hutan Melintang.

Selain itu, kata Aulia saat ini pihak Pelindo 1 juga tengah mengembangkan kerjasama dengan BUMD / Pemko Tanjung Balai untuk menjadikan Pelabuhan Teluk Nibung sebagai pelabuhan ekspor impor di Kota Tanjungbalai.

Untuk itu selain terminal penumpang yang modern, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan juga mengembangkan terminal kargo yang kompetitif.

Adapun fasilitas Pelabuhan Tanjung Balai Asahan terdiri dari dermaga dengan panjang 204 meter, gudang seluas 2000 meter persegi dan lapangan penumpukan seluas 1.625 meter persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×