kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pelindo IV groundbreaking proyek Manado Marina Bay


Kamis, 13 Februari 2020 / 18:38 WIB
Pelindo IV groundbreaking proyek Manado Marina Bay
ILUSTRASI. Foto udara pengendapan material dari beberapa Daerah Aliran Sungai (DAS) di sepanjang pesisir Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (6/1). Pengendapan atau sedimentasi yang terjadi di sepanjang pantai Manado tersebut berdampak pada berkurangnya pendapatan nelayan

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) lakukan prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek Manado Marina Bay (MMB).Proyek tersebut ditarget pembangunannya rampung pada akhir 2020.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan pembangunan Manado Marina Bay adalah salah satu upaya pihaknya dalam mendukung program pariwisata terintergasi dengan pelabuhan di Sulawesi Utara.

Menurutnya, pembangunan MMB juga dalam rangka mendukung 5 Bali Baru yang salah satunya adalah Bunaken di Sulawesi Utara. "Nilai investasinya Rp 1 triliun," ujarnya kepada kontan.co.id, Kamis (13/2).

Baca Juga: Pelindo IV anggarkan capex Rp 5,4 triliun tahun ini

Lebih lanjut, Farid menjelaskan konsep MMB adalah pelabuhan pariwisata yang terintegrasi dengan hotel convention dan dermaga cruise dan yacht.

“Pembangunannya merupakan kolaborasi antara PT Pelindo IV dengan PT Pembangunan Perumahan (PP), yang di target rampung pada akhir tahun ini,” paparnya.

Farid menyebut, fasilitas yang akan berada di sana antara lain hotel 24 lantai, convention centre, serta dermaga cruise dan yacht. Selain itu, juga akan ada pelataran untuk wisata area kuliner.

Adapun PT PP (Persero) Tbk (PTPP) disebutnya akan menjadi mitra dalam pengembangan MMB. Karenanya, PTPP disebutkan akan turut berinvestasi di dalam proyek tersebut. Sayang, Farid tidak membeberkan lebih lanjut.

Pihaknya berharap pembangunan Manado Marina Bay dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara di Kota Manado dan Sulut pada umumnya.

Adapun dari sektor pariwisata, pemerintah membidik wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta di tahun ini. "Karena sebenarnya ini proyek pemerintah yang didukung penuh oleh Pelindo IV dan PTPP," tutupnya.

Baca Juga: Pelindo IV catat pendapatan Rp 3,89 triliun di tahun lalu

Selain itu, pengembangan lain di pelabuhan-pelabuhan Pelindo IV dari rencana kawasan industri yang terintegrasi dengan Pelabuhan Baru Makassar (Makassar New Port/MNP).

Proyek tersebut diharapkan selesai pada 2022 mendatang. Adapun investasi untuk proyek di MNP tahun ini menelan investasi belanja modal Rp 1,9 triliun.

Sekadar informasi, Pelindo IV saat ini mengelola 28 cabang pelabuhan antara lain cabang Makassar, Pare-pare, Kendari, Balikpapan, Samarinda, Nunukan, Tarakan, dan lainnya.




TERBARU

Close [X]
×