kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,22   -1,54   -0.15%
  • EMAS977.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Peluang Global Sukses Solusi (RUNS) yang Mulai Melirik Segmen UMKM


Jumat, 16 September 2022 / 14:26 WIB
Peluang Global Sukses Solusi (RUNS) yang Mulai Melirik Segmen UMKM
ILUSTRASI. PT Global Sukses Solusi Tbk (RUN System), perusahaan yang bergerak di bidang software platform enterprise


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) punya peluang apik di masa mendatang. Lantaran, saat ini RUNS sedang melirik layanan digitalisasi untuk segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Direktur Utama RUNS Sony Rachmadi Purnomo mengatakan, pasar perusahaan kecil menengah di Indonesia masih begitu besar untuk ter-digitalisasi. Setidaknya ada sekitar 60 juta UMKM di Indonesia yang bisa disentuh oleh RUNS.

"Segmen ini (kecil dan menengah) menarik bisa terlayani produk digital kami. Saat ini market tersebut sudah dilakukan penetrasi digital," kata Sony dalam paparan publik virtual, Kamis (16/9).

Hal ini pula yang menjadi latar belakang diversifikasi usaha RUNS melirik pasar perusahaan kecil dan menengah. Awalnya, RUNS hanya melayani kebutuhan digital perusahaan-perusahaan besar.

Global Sukses Solusi beroperasi dengan nama RUN System untuk menyediakan solusi perangkat lunak Enterprise Resource Planning (ERP). Teknologi ini membantu tata kelola perusahaan mulai dari perencanaan hingga penyusunan sumber daya lewat sebuah platform.

Baca Juga: Punya Potensi Berkembang, Simak Rekomendasi Saham Global Sukses Solusi (RUNS)

Produk andalan RUNS diantaranya iKas yakni aplikasi pengelola keuangan dan stok untuk kebutuhan UMKM. Dan juga RUN Market yaitu marketplace yang mempertemukan penjual dan membeli, platform ini bisa dimanfaatkan untuk seluruh segmen bisnis.

Ke depan, Sony bilang, ekspansi RUNS adalah untuk meningkatkan produktivitas. Dimana perusahaan telah mengimplementasikan ISO 9001, ISO 27001, dan ISO 37001.

"Langkah ini untuk tingkatkan produktivitas, jadi manajemen bisa berjalan dengan sistem. Hasilnya akan terasa pada kinerja. Sehingga profitabilitas produk ataupun inisiatif bisa terjaga," jelas Sony.

Selain melayani kebutuhan perusahaan, RUNS juga makin serius ekspansi pada layanan digital di institusi pendidikan. Sejauh ini perusahaan sudah memiliki layanan e-campus untuk kebutuhan ERP perguruan tinggi di Indonesia.

RUNS menjalankan bisnis tersebut lewat anak usahanya yaitu PT Solusi Kampus Indonesia (SKI), yang baru diakuisisi pada Maret 2022. Saat ini, platform e-campus diklaim sudah digunakan oleh 284 kampus di Indonesia.

 

 

Secara keseluruhan, bisnis layanan digital RUNS sudah dimanfaatkan oleh 2 juta pengguna. RUN System telah menjamah 5 ribu lokasi, 13 ribu usaha, serta 13 industri di Indonesia.

Hingga akhir semester I/2022, RUNS membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 8,82 miliar, naik 973,2 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 821,9 juta.

Dari posisi bottom line, RUNS berhasil membukukan laba sebesar Rp 105 juta dari rugi bersih Rp 4,39 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×