kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pembangunan Pelabuhan Patimban tahap I diluncurkan September 2020


Kamis, 13 Februari 2020 / 17:45 WIB
Pembangunan Pelabuhan Patimban tahap I diluncurkan September 2020
ILUSTRASI. Kemenhub sepakati gelar proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat

Reporter: Amalia Fitri | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) merencanakan menggelar soft opening tahap I proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat pada September 2020 mendatang.

Direktur Jendral Perhubungan Laut Kemenhub, Agus H Purnomo, mengatakan penyelesaian tahap I tersebut baru meliputi pembangunan terminal mobil atau car terminal saja. "Untuk kontainer belum selesai. Namun pada September nanti, car terminal sudah bisa dioperasikan," jelasnya ditemui di gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, Kamis (13/2).

Baca Juga: Jababeka perkuat pasar properti di Timur Jakarta

Ia berkata, pihaknya juga masih akan menentukan pengelola atau operator car terminal dalam waktu dekat, yakni sekitar April atau Mei. Agus juga menjelaskan mundurnya launching pembangunan tahap I yang sebelumnya diestimasi selesai pada tahun 2019.

"Jadi ada beberapa kendala dan hambatan. Di antaranya lahan dan beberapa area yang belum siap, lalu gelombang air laut yang tinggi menghambat konstruksi di laut," lanjutnya.

Baca Juga: Indonesia Kendaraan Terminal (IPCC) tangani bongkar muat kapal Hoegh Autoliners

Saat ini proses pembangunan paket I Pelabuhan Patimban, kata Agus, sudah mencapai 58% untuk pelabuhan di laut. Lalu, sea wall untuk back water sudah mencapai 26%.

Dengan proyek ini, kapasitas Pelabuhan Patimban tahap I diestimasi dapat menampung 3,5 juta TEUS, tahap II bertambah menjadi 5,5 juta TEUS dan tahap ketiga menjadi total 7,5 juta TEUS. Pelabuhan Patimban sendiri ditargetkan beroperasi penuh pada 2027 mendatang.




TERBARU

Close [X]
×