kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembebasan tol Bakauheni tunggu pembayaran selesai


Selasa, 26 April 2016 / 16:16 WIB
Pembebasan tol Bakauheni tunggu pembayaran selesai


Sumber: Antara | Editor: Dikky Setiawan

BANDAR LAMPUNG. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan mengatakan pembebasan lahan tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni--Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer tinggal menunggu tahap penyelesaian pembayaran.

"Pembebasan lahan tol Trans-Sumatera di Lampung sepanjang yang saya tahu sudah berjalan tinggal penyelesaian pembayaran," kata Ferry Mursyidan Baldan usai Seminar Nasional Membangun Indonesia dari Pinggiran bertajuk "Transformasi Agraria dan Tata Ruang Untuk Membangun Desa" di Universitas Lampung (Unila), Bandarlampung, Selasa (26/4).

Menteri Ferry  menyebutkan, segala urusan teknis yang menyangkut verifikasi, sertifikasi, ukuran, serta orang penerima pembayaran ganti rugi sudah jelas, tinggal menunggu tahapan pembayaran.

Sebelumnya, menurut Ferry, Presiden Joko Widodo telah menyetujui pembayaran ganti rugi lahan untuk pembangunan tol di Provinsi Lampung sebesar Rp 1,2 triliun.

Mantan anggota Komisi II DPR RI itu menjelaskan pembangunan jalan tol Trans Sumatera khususnya di Sumatera Selatan dan Lampung hingga sekarang belum menemui masalah yang berarti.

Mengingat pembanguan jalan tol di dua provinsi itu, ditempuh sejak awal, artinya tim gabungan Kementerian ATR/BPN, Kementerian PUPR, pemerintah provinsi, BUMN, dan pihak lain telah berkoordinasi untuk percepatan pembangunan jalan bebas hambatan tersebut.

"Proses pembangunannya berjalan sesuai jadwal," tambah politisi Partai NasDem tersebut.

Sementara itu, pengerjaan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni--Terbanggi Besar di kawasan Desa Sabahbalau Lampung Selatan telah mencapai sekitar 8 kilometer (km).

"Kami telah menyelesaikan sekitar 7,9 km lebih atau hampir delapan kilometer jalan tol yang sudah selesai proses rigidnya atau dicor beton bagian atasnya," kata Kepala Logistik PT Waskita Karya, Sugiyono.

Pihaknya juga masih menunggu proses sanggahan untuk lahan di Desa Lematang Lampung Selatan sepanjang 2 kilometer untuk selanjutnya dikerjakan pembangunannya setelah ganti rugi lahan dibayarkan dan diserahkan ke PT Waskita Karya.

Menurut Sugiyono, PT Waskita Karya masih menunggu proses tersebut untuk selanjutnya mengerjakan pembangunan jalan tol untuk ruas di Desa Lematang, Lampung Selatan, mengingat beberapa ruas jalan tol telah dikerjakan.

"Ada dua alat berat untuk rigid masih menganggur mengingat ganti rugi lahan di desa itu belum selesai," katanya pula.

Ia menyebutkan, PT Waskita Karya selaku kontraktor pembangunan jalan tol Trans Sumatra ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung akan mempercepat pembangunan jalan bebas hambatan tersebut, jika proses yang berhubungan dengan lahan itu telah selesai dan diserahkan ke PT Waskita Karya.

Berdasakan informasi, lanjut Sugiyono, lahan untuk pembangunan jalan tol itu diperkirakan akan selesai proses ganti ruginya pada Mei 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×