kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,72   -19,77   -2.14%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemudik Mulai Gunakan Kendaraan Listrik, PLN Akan Dorong Penyediaan SPKLU


Rabu, 04 Mei 2022 / 18:42 WIB
Pemudik Mulai Gunakan Kendaraan Listrik, PLN Akan Dorong Penyediaan SPKLU
ILUSTRASI. Pemudik mulai menggunakan kendaraan listrik, PLN akan mendorong penyediaan SPKLU.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mencatat sudah ada sejumlah pemudik yang menggunakan kendaraan listrik selama arus mudik Idulfitri tahun ini.

Meskipun jumlahnya belum begitu signifikan, PLN memastikan bakal terus mengoptimalkan penyediaan infrastruktur kendaraan listrik ke depannya.

Direktur Regional PLN Jawa Madura dan Bali (Jamali) Haryanto WS menuturkan, PLN telah menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah wilayah khususnya pada test area yang ada.

"Kami menyiapkan petugas khusus untuk pengguna mobil listrik ini di rest area dan SPKLU. Ini ada kenaikan 20% dibandingkan tahun lalu," kata Haryanto dalam konferensi pers virtual, Rabu (4/5).

Baca Juga: Bagi Pemudik Kendaraan Listrik, PLN Operasikan 126 SPKLU di 48 Kota

Haryanto menambahkan, daya tempuh kendaraan listrik mencapai 400 km untuk satu kali pengisian. PLN juga telah menyiapkan fast charging untuk mengantisipasi permintaan. Namun, sejauh ini belum ada pemudik yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

Adapun, kondisi hampir serupa terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Direktur Regional Sumatera dan Kalimantan Adi Lumakso menambahkan, sejumlah fasilitas SPKLU juga telah disiapkan. Kendati demikian, penggunanya masih relatif sedikit.

"Penggunaan SPKLU bisa dipakai di posko yang ada. Penggunaanaaih relatif sedikit, " jelas Adi.

Menanggapi kondisi yang ada, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo optimistis industri kendaraan listrik akan terus berkembang. "Ke depannya kami terus menambah SPKLU ini. Kami kerjasama dengan bank, perkantoran. SPKLU ini akan tumbuh seperti jamur," kata Darmawan.

Asal tahu saja, untuk momen mudik tahun ini PLN memastikan ada sekitar 126 SPKLU tersebar di 48 kota yang siap melayani kebutuhan pelanggan.

Bagi pelanggan yang menggunakan kendaraan listrik pun dapat memanfaatkan fasilitas di aplikasi PLN Mobile untuk mengetahui lokasi SPKLU yang tersedia.

Baca Juga: Dirut PLN Darmawan Jamin Kesiapan PLN Pasok Listrik Selama Libur Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×