kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penasaran bagaimana cara dapat token listrik gratis, simak cara ini


Rabu, 01 Juli 2020 / 18:30 WIB
Penasaran bagaimana cara dapat token listrik gratis, simak cara ini
ILUSTRASI. Pegawai menunjukkan aplikasi 'New PLN Mobile' di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (29/6/2020). PLN tengah menyiapkan aplikasi 'New PLN Mobile', pengembangan dari aplikasi lama dengan banyak fitur baru yang akan memudahkan pelanggan listrik mengelola kebut


Reporter: Filemon Agung | Editor: Pratama Guitarra

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan bakal memperpanjang stimulus diskon listrik bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi.


Adapun, diskon listrik 100% bagi pelanggan 450 VA sebanyak 24 juta pelanggan dan diskon 50% bagi pelanggan 900 VA sebanyak 7,3 juta pelanggan.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan pelanggan yang merasa berhak menerima subsidi listrik namun belum menerima stimulus tersebut dapat melakukan aduan.

Selain melalui web aduan Dirjen Ketenagalistrikan, para pelanggan kini dapat mengunduh aplikasi Peduli di gawai masing-masing untuk kemudian mengajukan aduan soal subsidi listrik.

"Hingga Mei kita sudah ada 300.000 aduan yang masuk. Kita sudah tangani setengahnya dan mereka memang berhak menerima subsidi listrik," papar Rida dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/7).

Baca Juga: Smelter feronikel Halmahera Timur tersendat pengadaan listrik, ini kata Antam Smelter feronikel Halmahera Timur tersendat pengadaan listrik, ini kata Antam

Disisi lain, Direktur Niaga dan Management Pelanggan PLN, Bob Saril menjelaskan lima cara yang dapat digunakan pelanggan khususnya pelanggan prabayar guna mendapatkan token listrik gratis.

Cara pertama yakni melalui akses di laman resmi PLN di www.pln.co.id. Pelanggan tinggal masuk ke menu pelanggan dan klik menu stimulus Covid-19 lalu memasukkan ID pelanggan ataupun nomor meteran listrik.

Cara kedua melalui WhatsApp PLN di 08122123123. Pelanggan dapat menggunakan gawai yang dimiliki untuk mendapatkan kode token listrik gratis.

Cara ketiga yakni dengan meminta bantuan pada aparatur desa.

Baca Juga: Proyek hilirisasi holding tambang terhambat pandemi Covid-19 dan pasokan listrik Proyek hilirisasi holding tambang terhambat pandemi Covid-19 dan pasokan listrik

"Ini berlaku bagi masyarakat yang tidak bisa akses WA dan web PLN. Bisa ke perangkat desa terdekat untuk mintai bantuan mengakses dua cara di atas," terang Bob.

Cara keempat, pelanggan dapat menghubungi call center PLN di 123. Nantinya pelanggan bakal menerima token listrik melalui petugas call center.

Jika keempat cara di atas menemui kendala, PLN memastikan para pelanggan dapat langsung mengunjungi unit layanan PLN terdekat.

"Kami punya kurang lebih 857 unit layanan terpadu dan 117 unit layanan pusat. Silahkan kunjungi kantor PLN terdekat," tandas Bob.

























 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×