kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penerapan Praktik Pertanian yang Baik Jadi Kunci Tingkatkan Produksi Padi


Minggu, 04 Desember 2022 / 14:12 WIB
Penerapan Praktik Pertanian yang Baik Jadi Kunci Tingkatkan Produksi Padi
Panen raya padi salah satu mitra PT Wilmar Padi Indonesia di Palas Jaya, Kabupaten Lampung Selatan (30/11/2022).


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penerapan praktik pertanian yang baik (good agriculture practices/GAP) menjadi salah satu kunci sukses dalam meningkatkan produktivitas padi. 

Hal itu telah dilakukan PT Wilmar Padi Indonesia bersama petani mitranya melalui program demonstration plot (demplot) di sejumlah wilayah di Indonesia.

Praktik pertanian yang baik tersebut diterapkan melalui pemupukan yang tepat dengan menggunakan Pupuk Mahkota yang juga diproduksi Wilmar, penggunaan bibit unggul, pengendalian hama penyakit, penggunaan teknologi, pengaturan masa tanam dan pemanenan.

Salah satu program demplot yang telah berjalan berada di Lampung Selatan dan Lampung Timur.

Baca Juga: Jatim dan Jabar Siap Pasok Beras ke Bulog

Dari 12 titik demplot dengan luas sekitar 18 hektare (ha) tersebut, petani mitra tercatat memperoleh peningkatan produksi gabah kering giling (GKP) sebanyak 23% - 24% atau 1,3 ton sampai 1,4 ton per ha.

Petani juga mengantongi tambahan pendapatan Rp 2,2 juta-Rp 4,9 juta per ha. 

“Peningkatan produksi otomatis akan mengerek pendapatan petani,” ujar Farmer's Engagement Program Head PT Wilmar Padi Indonesia Andi Bachtiar di sela panen raya di Palas Jaya, Kabupaten Lampung Selatan (30/11) seperti dikutip dari siaran pers.

Andi menilai, peningkatan pendapatan petani adalah sesuatu yang positif dalam jangka panjang. Selain dapat membantu meningkatkan produksi pangan nasional, hal itu juga akan mendorong lebih banyak generasi muda terjun ke sektor agribisnis. 

“Perlu ada daya tarik agar generasi muda mau masuk ke pertanian,” tuturnya.

Baca Juga: Bukan Musim Panen Raya, Perpadi : Saat Ini Bukan Waktunya Bulog Menyerap Beras

Hingga saat ini, total luas lahan padi yang telah dikerjasamakan dengan petani, termasuk demplot mencapai 4.000 ha yang tersebar di Jawa Timur, Banten, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, dan Lampung. 

Berdasarkan pengalaman di lapangan, praktik pertanian yang baik tersebut hasilnya bervariasi. Di Sumatra Utara misalnya, peningkatan produksi padi dapat mencapai 30% per ha.

Andi menambahkan, upaya peningkatan produksi padi tersebut sesuai dengan arahan pemerintah. Pihaknya juga telah bekerjasama dengan berbagai kelompok tani di sejumlah wilayah, pemerintah daerah, dan Bulog. 

Baca Juga: Perang dan Iklim Ancam Ketahanan Pangan, Bagaimana di Indonesia?

Ke depan, perusahaan berharap dapat berkontribusi lebih banyak dalam membantu pemerintah meningkatkan pasokan pangan nasional. “Kami siap menjadi mitra pemerintah dalam penyediaan pasokan pangan dalam negeri,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×