kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.055.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Penerbangan Batik Air Jakarta - Denpasar paling ramai


Kamis, 14 Mei 2020 / 16:32 WIB
Penerbangan Batik Air Jakarta - Denpasar paling ramai
Batik Air dengan armada Airbus 320-200NEO.

Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.. Hari ini media sosial diramaikan dengan postingan suasana terminal keberangkatan Bandara Soekarno Hatta yang ramai. Situasi ini pun menimbulkan pertanyaan ditengah masa pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Salah satu maskapai dari Lion Air Group yakni Batik Air sendiri memberi klafirikasi bahwa maskapai ini khusus untuk penerbangan tanggal 14 Mei di Soekarno Hatta, sudah menerapkan semua standar operasional penerbangan termasuk pelaksanaan pencegahan penyebaran Covid-19 selama pandemi Covid-19.
 
Selain itu tentang perkembangan informasi jumlah penumpang yang diterbangakan dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, secara jumlah diklaim sesuai dengan anjuran. “Secara data akurat (actual) adalah rata-rata kurang dari atau mencapai 50%,” kata Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (14/5).

Baca Juga: Hindari penumpukan penumpang, AP II bakal tata ulang jadwal penerbangan

Meski begitu pihak Lion Air mengakui bahwa ada juga penerbangan di rute tertentu yang jumlah penumpanagnya lebih dari 50%. Ini terjadi karena adanya perubahan waktu perjalanan dari beberapa calon penumpang karena kebutuhan mendesak. Misalnya perjalanan kelompok dari keluarga atau rombongan (group booking) yang menginginkan dalam satu penerbangan duduk berdekatan (satu baris).

Batik Air pun berupaya mengakomodir permintaan tersebut. Tapi maskapai ini memastikan bahwa dalam pengaturan tempat duduk penumpang sudah mengoptimalkan pengaturan jarak aman antartamu atau penumpang (physical distancing) dalam kabin pesawat pada penerbangan. Selain itu, seluruh tamu atau penumpang wajib menggunakan masker sesuai aturan protokol kesehatan.

Dari keterangan yang dicatat pihak Lion Air, memang hampir sebagian besar rute penerbangan Batik Air kapasitasnya tidak mencapai 50%. Tapi ada satu rute penerbangan Batik Air yang lebih dari 50% yakni penerbangan ID-6506 Soekarno-Hatta – Denpasar, jadwal keberangkatan 08.00 WIB, menerbangkan enam tamu bisnis dan 100 tamu kelas ekonomi.

Menurut Danang, dari sisi jumlah calon penumpang yang reservasi lebih banyak dari yang diangkut. Untuk itu pihaknya menyilakan calon penumpang yang belum mendapat tiket untuk mencari jadwal penerbangan lainnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×