kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengembangan Stasiun Manggarai Masuk Tahap Akhir, Ini Informasi Terbarunya


Jumat, 15 Desember 2023 / 04:29 WIB
Pengembangan Stasiun Manggarai Masuk Tahap Akhir, Ini Informasi Terbarunya
ILUSTRASI. Suasana penumpang KRL commuter line di Stasiun Manggarai, Jakarta (26/6). KONTAN/Muradi


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ini informasi terbaru mengenai pengembangan pembangunan Stasiun Manggarai. Saat ini proses pengembangan stasiun tersebut sudah memasuki tahap akhir. 

Oleh karenanya, penyesuaian-penyesuaian layanan pengguna Commuter Line di Stasiun Manggarai juga terus dilakukan. 

Mengutip Infopublik.id, saat ini, dalam persiapan pelaksanaan Switch Over (SO) ke-7 di Stasiun Manggarai, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan bersama KAI Commuter juga melakukan penyesuaian akses flow pengguna.

Setelah menyelesaikan pembangunan, pengoperasian bangunan baru dan gedung sisi kiri dari arah timur Stasiun Manggarai, mulai Sabtu 9 Desember 2023 kemarin akses pintu keluar masuk pengguna dari sisi timur stasiun dialihkan seluruhnya melalui bangunan baru ini.

Sebelumnya, pada akses keluar masuk yang lama, pengguna harus melintas pada jalur kereta aktif untuk menuju lantai 1 dan 2 bangunan baru Stasiun Manggarai.

Sekretaris Perusahaan KAI Commuter, Anne Purba, menjelaskan bahwa pengoperasian akses keluar masuk pengguna dari sisi timur stasiun ini untuk memastikan keselamatan dan meningkatkan kenyamanan pengguna karena tidak lagi harus melintas pada jalur kereta untuk menuju peron keberangkatan Commuter Line.

Baca Juga: KAI Pastikan Kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2024

"Pengguna dari arah timur stasiun bisa melewati koridor luar bangunan asli stasiun Manggarai untuk menuju bangunan sisi kiri. Selain itu, akses keluar masuk pengguna ini juga sudah tersambung dengan koridor menuju layanan transportasi umum lainnya," jelas Anne pada Rabu (13/12/2023).

Setelah melalui bangunan sisi kiri stasiun, alur pengguna yang akan menggunakan Commuter Line di Stasiun Manggarai dari arah timur Stasiun Manggarai harus naik terlebih dahulu ke lantai 1 stasiun untuk menuju peron keberangkatan Commuter Line seperti yang berlaku sekarang ini.

"Peron 6, 7, dan 8 untuk menggunakan Commuter Line Cikarang. Sedangkan untuk menggunakan Commuter Line Bogor masih menggunakan peron 10-11 dan 12-13," urai Anne.

Baca Juga: Ada 34 KA Tambahan untuk Periode Nataru, Tiketnya Sudah Bisa Dipesan!

Selain itu, untuk melayani pengguna di bangunan sisi kiri Stasiun Manggarai ini, KAI Commuter menyiapkan sembilan unit gate elektronik untuk proses tap-in dan tap-out pengguna Commuter Line, loket dan dua unit C-VIM untuk proses pembelian tiket, juga tersedia fasilitas eskalator, musala dan toilet difabel.

"Di samping itu, KAI Commuter juga menyiapkan petugas untuk membantu pangaturan alur pengguna," tambah Anne.

Sementara itu, KAI Commuter mencatat rata-rata volume pengguna yang masuk di Stasiun Manggarai sebanyak 16 ribu orang pada setiap hari kerja, dan 13 ribu orang setiap hari libur.

"Dari jumlah itu, sebanyak 9 ribu orang per hari naik dari bangunan baru sisi kiri stasiun. Sedangkan rata-rata volume transit di Stasiun Manggarai sebanyak 172.751 orang per harinya," ungkap Anne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×