Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu dampak pandemi Covid-19 adalah turunnya tingkat penjualan bisnis sehingga produksi harus dikurangi. Akibat produksi yang menurun, sebagian besar bisnis harus melakukan pemutusan hubungan kerja atau merumahkan pekerjanya.
CEO PT TapTalk Teknologi Ritchie Nathaniel mengatakan bahwa tuntutan produksi dan operasional perusahaan yang tetap harus berlanjut, membuat para pelaku bisnis lebih kreatif memanfaatkan sumber daya yang ada.
Salah satunya dengan menggunakan teknologi sebagai bagian dari transformasi digital. "Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terbukti telah mempermudah transisi di era pandemi,” ujar Ritchie dalam keterangannya, Selasa (6/12).
Ia memaparkan beberapa bentuk kemudahan yang diberikan oleh teknologi bagi bisnis.
Baca Juga: Begini Hasil Transformasi Holding BUMN Danareksa pada Tahun Ini
Pertama, memangkas berbagai pekerjaan operasional. Banyak teknologi yang memberi keuntungan dan dapat memudahkan operasional bisnis perusahaan.
Di antaranya seperti aplikasi pencatatan keuangan perusahaan, aplikasi absensi online yang merekam data absen karyawan secara otomatis, dan berbagai aplikasi lainnya yang memangkas proses operasional perusahaan.
Kedua, mempermudah proses manajemen data. Teknologi membantu bisnis dalam mengarsip dokumen - dokumen penting dan mengubahnya ke dalam bentuk digital yang memiliki fleksibilitas lebih tinggi karena bisa diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu.
Ketiga, memperluas aktivitas bisnis. Teknologi juga digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memperluas area aktivitas bisnisnya, seperti memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk perusahaan selama 24 jam tanpa henti melalui media sosial.
Keempat, mempermudah komunikasi. Selama pandemi berlangsung, perusahaan perlu mencari cara agar tetap bisa memonitor para karyawan yang bekerja dari rumah. Salah satu teknologi yang dimanfaatkan oleh perusahaan adalah penggunaan tracking apps yang dilengkapi GPS.
Baca Juga: Akhir Perayaan HUT ke-65 Astra Hadirkan Sosok-Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan
Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui dimana posisi karyawan secara real time.
Selain itu penggunaan aplikasi meeting online seperti Google Meet, Zoom dan Skype juga membantu komunikasi antar karyawan dalam perusahaan.
Meningkatkan kualitas Customer Relationship Management
Tidak hanya bermanfaat bagi intra perusahaan, teknologi juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas customer relationship dan membangun komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan.
Komunikasi yang baik antara pelanggan dengan perusahaan akan memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan selain itu perusahaan juga mendapat feedback yang nantinya dapat digunakan sebagai evaluasi bagi kinerja perusahaan.
Baca Juga: IOH & KADIN Bekerja Sama Penuhi Kebutuhan Talenta Digital Indonesia lewat IDCamp 2023
Salah satu bentuk teknologi yang dapat digunakan adalah penggunaan chatbot yang dapat memberikan pelayanan yang responsif tanpa adanya batasan waktu. Chatbot juga menjadi solusi bagi perusahaan yang sedang mengalami perampingan tenaga kerja karena chatbot terlibat secara proaktif dalam percakapan dengan konsumen.
Perusahaan juga dapat menggunakan chatbot untuk mengumpulkan data seperti preferensi dan kebiasaan dari pelanggan yang mengunjungi situs web perusahaan. Saat ini ada berbagai aplikasi yang memberikan layanan chatbot bagi bisnis dan salah satunya adalah OneTalk dari TapTalk.io.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News