kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan APP sudah 80% dari target 2012


Jumat, 02 November 2012 / 09:46 WIB
Penjualan APP sudah 80% dari target 2012
ILUSTRASI. Konsumsi 5 makanan ini agar memiliki bayi perempuan


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Pabrikan kertas Asia Pulp and Paper (APP) memproyeksikan realisasi penjualan hingga kuartal ketiga tahun ini sudah mencapai 80% dari target yang mereka pasang  tahun ini. Ini berkat permintaan dari pasar domestik dan ekspor yang terbilang stabil.

Managing Director Corporate Affair and Communication APP Hendra Gunawan mengatakan tahun ini APP menargetkan penjualan sebesar US$ 7 miliar. Artinya, penjualan APP dari Januari hingga September 2012 diprediksi US$ 5,6 miliar.

Pasar ekspor masih menjadi kotributor utama disamping pasar domestik. "Kontribusi ekspor masih sekitar 60% sementara 40% sisanya dari pasar dalam negeri," kata Hendra kemarin.

Target penjualan APP tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, anak usaha Grup Sinarmas ini masih fokus pada pemasangan mesin-mesin baru. Sehingga kapasitas produksi yang sudah ada hanya memberi kinerja yang tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

Di APP sendiri, tambahan kapasitas baru akan terealisasi tahun depan seiring dengan selesainya instalasi mesin baru milik anak usaha mereka. Yakni PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk dan PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk.

Saat ini APP memiliki kapasitas produksi sebesar 5 juta ton hingga 6 juta ton tiap tahunnya. Sementara dari sisi utilisasi sudah mencapai lebih dari 90%. "Sehingga penambahan mesin diperlukan termasuk untuk mendukung rencana perusahaan ke depan," ujarnya.

Dengan menambah mesin baru di kedua pabrik tersebut, maka APP akan mampu menambah kapasitas produksi hingga 7%. “Tambahan kapasitas sendiri diharapkan sudah mulai memberikan kontribusi penuh pada pertengahan tahun depan,” lanjutnya.

Sejauh ini, produksi pulp dan kertas APP dikontribusi lima anak perusahaan perusahaan. Selain Indah Kiat dan Tjiwi Kimia, perusahaan yang berada di bawah naungan APP adalah PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industries, dan PT Ekamas Fortuna.

Direktur Indah Kiat, Suhendra Wiriadinata mengatakan perusahaan sedang melakukan instalasi paper mechine 6 di pabrik mereka di Riau. Mesin ini merupakan salah satu mesin dengan kapasitas terbesar yang dimiliki perusahaan bahkan di Indonesia.

Dengan adanya pemasangan mesin baru ini, Indah Kiat menargetkan penjualan di 2013 naik secara signifikan seiring dengan penambahan kapasitas menjadi 530.000 ton per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×