kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Penjualan batik naik 15% saat Lebaran


Selasa, 15 Mei 2018 / 22:43 WIB

Penjualan batik naik 15% saat Lebaran
ILUSTRASI. Pincky Sudarman (tengah), CEO PT Alun-Alun Indonesia Kreatif

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar produk tekstil, khususnya batik masih besar. Walaupun, merupakan bagian tradisional yang terkesan kuno, kreativitas desainer mampu tetap menjaga tren batik.

Pincky Sudarman, CEO Alun-Alun Indonesia menyatakan bahwa hari raya merupakan momen meningkatkan penjualan batik. Namun, Hari Batik masih menjadi momen peningkatan penjualan terbesar.


"Pertumbuhan penjualan sekitar 15% saat hari raya," ujarnya di Jakarta, Selasa (15/5).

Oleh sebab itu, menurutnya pasar batik memiliki peluang cukup besar. Namun, ia kembali mengingatkan peluang tersebut dapat diraih jika dapat mengkreasikan batik dan fashion saat ini.

Untuk menjaga potensi ritel batik, Alun-Alun Indonesia juga menyediakan spot untuk desainer yang mengenal fesyen. Sehingga komunikasi dari produk yang ditawarkan dapat sampai ke anak muda.

Namun, ia masih menyayangkan untuk penjualan tersebut masih didominasi asing. Pincky bilang pengunjung asing dan domestik ke toko ritelnya berbanding 60% dan 40%.

Karenanya, ia berharap warga Indonesia dapat lebih mencintai produk dalam negeri. Sedangkan dari faktor usia, mayoritas 70% pembeli dengan rentang umur di atas 30 tahun.

 


Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Editor: Sofyan Hidayat
Video Pilihan

Tag

Close [X]
×